iklan Kareba Parlementa

Akan Buka Prodi Ekonomi Digital Syariah, Unhas Gandeng IRTI

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan penandatanganan Memorandum of Understandang (MoU) dengan Islamic Research and Training Institute (IRTI) di lantai 2 gedung Rektorat Unhas, Kamis (11/10/2018).

MoU ini merupakan kerja sama dalam hal pengembangan studi ekonomi dan keungan syariah di Unhas, yang dirangkaikan dengan kuliah umum dari Direktur Jenderal IRTI, Prof Humayon Dar.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengucapkan, terima kasih kepada IRTI yang bersedia bekerja sama dengan Unhas dalam pengembangan studi ekonomi dan keuangan syariah.

Dia mengatakan, Unhas berencana membuka program studi ekonomi digital yang berbasis syariah. Rencana tersebut masih akan digodok dan disesuikan dengan perkembangan teknologi keuangan dan ekonomi digital saat ini.

“Saya sudah berdiskusi banyak dengan dekan, wakil dekan, dan dosen tentang pembukaan program studi ekonomi syariah yang spesifik dan sesuai dengan perkembangan teknologi digital dan informasi. Hasilnya, muncul pemikiran inovatif membuka program studi ekonomi digital berbasis syariah,” kata Dwia.

Hanya saja rencana pembukaan program studi baru tersebut masih perlu penyesuaian dan kajian yang lebih jauh. Sehingga, Rektor Unhas berharap IRTI dan IDB (Islamic Development Bank) bisa membantu Unhas mengembangkan program studi baru tersebut.

Sementara itu, dalam kuliah umumnya, Prof Humayon Dar membahas tentang industri keuangan syariah global.

Dia mengatakan, industri keuangan syariah tumbuh sangat pesat dalam sistem keuangan global. Saat ini, total aset di bank syariah di berbagai negara dunia terdapat sekitar 1.6 triliun dolar AS.

Dalam konfigurasi keuangan syariah global tersebut, Indonesia menyumbang 1,8 persen dari total saham aset perbankan syariah. Kontributor terbesar dari total aset bank syariah secara global adalah Iran (34,5 persen), menyusul Arab Saudi (24,4 persen), Uni Emirat Arab (9,3 persen), dan Malaysia (9,1 persen).

Humayon Dar mengatakan, potensi keuangan bank syariah akan tumbuh menjadi sekitar 6.5 triliun dolar AS pada tahun 2020 nanti.

“Saya pikir Indonesia akan memainkan peran yang penting. Tahun ini, Indonesia akan menduduki posisi keenam dalam indeks rangking keuangan syariah global,” kata Humayon Dar.

Direktur Jenderal IRTI tersebut mengungkapkan sejumlah tantangan industri keuangan syariah, di antaranya biaya transaksi yang lebih mahal, pilihan instrumen manajemen resiko yang terbatas, kerangka peraturan legal, persepsi tentang keuangan syariah, dan inklusi keuangan syariah.

Akan tetapi, kedepan menurut Humayon Dar, industri keuangan syariah akan terus berkembang secara signifikan. Lembaga-lembaga multilateral, seperti IMF dan Bank Dunia, telah mengakui eksistensi dan peran keuangan syariah secara global, yang ditandai dengan munculnya lembaga-lembaga keuangan dan bank syariah di berbabagi negara. Malah, bank-bank konvensional turut mendirikan lembaga keuangan syariah.

“IMF, Bank Dunia, ADB, Afrika Develoment Bank dan lembaga multilateral lainnya telah mengakui besarnya peluang keuangan syariah yang sebelumnya dianggap beresiko,” katanya.

Selain itu, ekonomi dan keuangan syariah kata Humayon Dar, telah menjadi salah satu program studi dan kualifikasi di berbagai universitas di dunia. Hal tersebut menunjukkan akan pentingnya ekonomi dan industri keuangan syariah secara global.

Dalam acara penandatanganan MoU dan kuliah umum ini, Unhas memberikan penghargaan gelar “topanrita” kepada Prof Humayon Dar sebagai mitra yang sangat peduli dengan pengembangan ekonomi syariah di Unhas, serta telah mempromosikan ekonomi Islam di dunia. Sehingga kedepannya, Direktur IRTI tersebut akan selalu diundang menjadi pembicara dalam Program Studi Ekonomi Syariah.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Baru Menikah 3 Hari, Sang Suami Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

SULSELSATU.com - Sebuah video memilukan seorang wanita ditinggal oleh suaminya selamanya. Pasangan yang belum diketahui identitasnnya tersebut diduga menikah baru 3 hari. Sang suami dikabarkan meninggal...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

VIDEO: Detik-detik Perampok Emas di Somba Opu Makassar

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan aksi perampokan di Toko Emas, Jalan Sumba Opu, Kota Makassar, Rabu (28/10). Aksinya tersebut terekam CCTV dan viral di media...

VIDEO: Seorang Anak Angkut Jenazah Ibunya Pakai Motor

SULSELSATU.com - Seorang warga bernama Sutejo membawa jenazah ibunya menggunakan sepeda motor viral di media sosial. Dalam video terlihat jenazah ibunya dinaikan di atas beronjong...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Viral, Geng Cewek Tawuran di Tengah Sawah

https://www.facebook.com/sulselsatuberita/videos/733489290577114 SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan perkelahian antara dua kelompok remaja wanita viral di media sosial. Berdasarkan informasi, perkelahian tersebut terjadi di Bansal, Mojokerto, Jawa Timur. Dalam...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Gadis di Jeneponto Dilamar Pakai Helikopter

SULSELSATU.com- Seorang gadis asal Kabupaten Jeneponto dilamar kekasihnya menggunakan helikopter. Gadis tersebut bernama Vieranni yang menitih karir di ibu kota Jakarta sebagai salah satu girls...

Pada Momen HUT ke-33 PNUP, Rektor Unhas Sebut Perlu Rebranding

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu,...

Artikel Lainnya

UIN Makassar Serahkan Bantuan Rp85 Juta ke Mahasiswa Korban Tsunami Palu

SULSELSATU.com, GOWA - Rektor UIN Alauddin, Prof Musafir Pababari menyerahkan bantuan...

Ini Respons PSI Soal Fatwa MUI Sumbar yang Haramkan Pilih Partainya

SULSELSATU.com, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia merespons sikap MUI Sumatera Barat...

Dendam Semasa SD Bersemi Kembali, Remaja Ini Busur Musuh Bebuyutan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Remaja 16 tahun, Wahyu alias Blengos harus berurusan...

Tabrakan Maut di Sinjai, Pelajar Korban Lakalantas Tewas di Tempat

SULSELSATU.com, SINJAI - Kecelakaan lalu lintas kembali merenggut nyawa di Kabupaten...

Keluarkan Edaran, Disdik Makassar Larang Anak Sekolah Rayakan Valentine Day

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dinas Pendidikan mengimbau kepada seluruh siswa atau anak sekolah...

Terkini

Beragam Keluhan Warga Terungkap Saat Debbie Rusdin Reses di Mamajang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan...

VIDEO: Gempa Bumi di Turki, 26 Orang Tewas

  SULSELSATU.com - Gempa berkekuatan 7 SR terjadi di wilayah Turki dan...

Debat Kandidat Perdana, Anir-Lutfi Siap Jabarkan Program Rp10 Juta Per KK

SULSELSATU.com, PANGKEP - Pasangan Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi) diyakini menguasai tema...

Disambut Meriah, DP Dapat Dukungan Penuh Warga Balang Boddong

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Bergeser ke Kelurahan Bongaya Kecamatan Tamalate, kampanye dialogis ...

Gelombang 11 Program Kartu Prakerja Bakal Dibuka, Begini Cara Daftarnya

SULSELSATU.com - Program kartu Prakerja kembali dibuka oleh pemerintah. Kali ini...