TOKOH: Andre Prasetyo Tanta, Pengusaha Muda Sukses yang Terjun ke Politik

744
Ketua NasDem Surya Paloh dan Andre Prasetyo Tanta, caleg NasDem (Sulselsatu/ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pengusaha muda bertalenta, Andre Prasetyo Tanta memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Andre begitu ia disapa, gabung ke dunia politik melalui Partai NasDem. Banyak kisah terjadi sehingga ia memutuskan bergabung ke Partai yang didirikan Surya Paloh itu.

Putra ketiga dari pasangan Wilianto Tanta dan Lintje Thomas itu, menceritakan awal mula dia berjuang bersama partai yang dikenal dengan slogan gerakan perubahan ini.

“Ada beberapa alasan kenapa saya terjun ke politik, dan Partai NasDem menjadi kendaraan untuk maju di Pileg 2019,” ujar Andre saat ditemui Sulselsatu.com di Pipo Malla, Jalan Metro Tanjung Bunga, beberapa waktu lalu.

Alasan pertama, lulusan Loyola Marymounts University bidang Business Entereperenuership, Los Angeles, California, USA itu berjuang bersama Partai NasDem adalah karena tanpa mahar.

“Tidak bisa dipungkiri biaya politik saat ini cukup mahal, tapi Partai NasDem berani mencoba hal baru dengan tanpa mahar, ini cukup menarik bagi saya,” kata Andre.

“Kedua, penilaian saya NasDem adalah partai yang tidak mempersulit segala sesuatunya, teman-teman pengurus begitu peduli ke sesama kader,” lanjut Caleg NasDem untuk DPRD Sulsel lewat daerah pemilihan (Dapil) Sulsel satu, Makassar A.

Berikutnya, Anak bungsu pengusaha perhotelan dan jasa konstruksi, Wilianto Tanta itu mengatakan dirinya sangat terpanggil dengan gerakan perubahan Partai NasDem.

“Sebagai anak muda, gerakan perubahan yang digaungkan Partai NasDem betul-betul memanggil hati saya untuk turut berkontribusi bagi bangsa dan negara melalui jalur politik,” ungkap Chief Development Officer (CDO) Phinisi Hospitality itu.

Terakhir, Andre begitu terinspirasi dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dalam karir politiknya.

“Awalnya saya masih pikir-pikir untuk terjun ke politik, tetapi setelah bertemu Pak Surya Paloh, lalu beliau menceritakan bahwa dia terjun ke politik saat masih berumur 13 tahun, membuat saya semakin bersemangat untuk berpolitik,” tutur Andre.

“Sebagai anak muda, saatnya mengambil peran dalam pembangunan bangsa dan negara, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” ujarnya.

Bagi Waktu Antara Berpolitik dan Urus Perusahaan

Menjalani dua atau lebih profesi yang berbeda secara bersamaan tentu akan merepotkan bagi siapa saja yang menggelutinnya. Namun bagi Andre, dengan dua profesi yang ia geluti saat ini, membuatnya untuk terus belajar membagi waktu agar keduanya bisa berjalan bersamaan.

Andre adalah tercatat sebagai Chief Development Officer (CDO) Phinisi Hospitality, selain itu ia juga tercatat sebagai Bacaleg DPRD Sulsel dari Partai NasDem.

“Memang agak ribet mengatur waktu antara mengurusi kerjaan di kantor dan juga sebagai politisi, tetapi saya bersyukur karena sampai saat ini dua-duanya berjalan beriringan,” kata pria kelahiran Makassar, 17 April 1995 itu.

“Kalau pagi hari saya masuk kantor, biasanya kalau makan siang turun ke masyarakat sembari mendengarkan aspirasi mereka,” lanjut salah satu pengurus HIPMI Kota Makassar ini.

Meski begitu, pelan-pelan Andre mengaku telah menyerahkan tanggung jawab perusahaannya ke rekan-rekannya.

“Pekerjaan yang ada di kantor mulai saya serahkan ke teman-teman, sekarang kan sudah mudah sekali mengontrol lewat media sosial saja, itu yang akan saya terapkan,” ungkap putra bungsu dari tiga bersaudara itu.

Biodata

Nama lengkap: Andre Prasetyo Tanta 
Nama panggilan: Andre
TTL: Makassar, 17 April 1995
Jenjang Pendidikan: 
1. SD Nusantara Makassar
2. SD Dian Harapan Makassar
3. SMP Dian Harapan Makassar
4. SMA Dian Harapan Makassar
5. Santa Monica College, Los Angeles
6. Loyola Marymount University, Los Angeles
Pekerjaan: Entrepreneurs 
Pengalaman organisasi: HIPMI Makassar
Hobbi: Ngopi dan olahraga
Keluarga: 
1. Ayah : Wilianto Tanta
2. Ibu : Lintje Thomas
3. Kakak :
– Jennifer Anastasya Tanta
– Edwin Prasetyo Tanta

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Buka Musrenbang RKPD, Suard Saleh Minta Anak Buahnya Buat Perencanaan Matang

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh membuka Musrenbang...

Suardi Saleh Buka Bimbingan Sosial Bagi Lansia di Dinsos Barru

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh menghadiri bimbingan...

Serahkan LKPD ke BPK, Taufan Apresiasi Kinerja OPD

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe...

Baca Juga