Investigasi Misteri Khasoggi, Direktur CIA Terbang ke Turki

CIA. (Int)

SULSELSATU.com – Direktur Central Intelligence Agency (CIA), Gina Haspel, dikabarkan berangkat ke Istanbul, Turki, untuk melakukan investigasi kematian wartawan senior Arab Saudi, Jamal Khasoggi.

Melansir RMOL, kabar itu dimuat Reuters dengan merujuk pada informasi dari sumber anonim yang akrab dengan masalah tersebut. Kabar tersebut belum dikonfirmasi otoritas resmi

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dia masih belum puas dengan apa yang dia dengar dari Arab Saudi tentang pembunuhan itu.

Khashoggi, yang tinggal di Washington, menghilang setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober untuk mendapatkan dokumen untuk pernikahannya yang akan datang.

Arab Saudi mengatakan pada hari Sabtu bahwa Khashoggi tewas dalam perkelahian di konsulat. Sementara itu, seorang pejabat Saudi kemudian mengatakan kepada Reuters bahwa 15 warga Saudi dikirim ke Turki untuk menghadapi Khashoggi telah mengancamnya dengan dibius dan diculik dan kemudian membunuhnya.

Kasus Khashoggi telah menyebabkan kemarahan internasional dan hubungan politik dan bisnis yang terputus antara kekuatan Barat dan sekutu Amerika Serikat terhadap Saudi.

Tiga minggu setelah Khashoggi menghilang, badan-badan keamanan AS dan Eropa masih memiliki gambaran yang tidak lengkap tentang apa yang terjadi di konsulat.

Editor: Hendra Wijaya