Nelayan Sinjai Dapat Bantuan dari Kementerian ESDM

24

SULSELSATU.com, SINJAI – Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menghadiri sekaligus menyerahkan bantuan konversi BBM ke LPG 3 kg untuk nelayan kecil di Kabupaten Sinjai, di Balai Pertemuan Kompleks PPI Lappa, (23/10/2018).

Acara ini di hadiri Anggota DPRD RI Komisi VII Yuliani Paris, Wakil Ketua DPRD Sinjai, para Staf Ahli, Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kantor PTSP, Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Infokom, Camat Sinjai Timur.

Kepala Dinas Perikanan Sinjai, Sultan H.Tare dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah nelayan tangkap Kabupaten Sinjai sebanyak 8.544 orang, jumlah kapal 2.014 unit dengan jenis alat tangkap yang digunakan adalah purse seine, bagan, jaring insang, pancing tonda, pancing ulur serta pole and line.

“Penerima terbanyak di Kecamatan Pulau Sembilan, dan tiga kecamatan lain yang menerima yaitu Sinjai Utara, Sinjai Timur dan Tellulimpoe,” sebutnya.

Diharapkan semoga di tahun 2019 masih ada untuk diusulkan untuk Kabupaten Sinjai, dan kami laporkan kurang lebih 1000 yang kami usulkan dan hanya 253 orang yang disetujui, jadi masih banyak nelayan yang membutuhkan bantuan konversi gas ke elpiji ini.

“Penerima bantuan konversi BBM ke LPG di Kabupaten Sinjai yaitu sebanyak 253 orang yang tersebar di sebelas desa dan kelurahan di empat kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu, Yuliani Paris dalam sambutannya mengatakan bahwa sekarang ini pemerintah pusat sedang menyusun undang-undang Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Tahun lalu telah diresmikan listrik tenaga mikro hidro yang mencakup enam desa dalam konsep energi baru terbarukan dan tahun ini sepakat dengan kementerian ESDM untuk 13.670 untuk listrik di pulau pulau di Pangkep, penerangan jalan maupun sumur bor,” ujarnya.

Andi Seto mengharapkan agar bantuan ini nantinya dimanfaatkan sesuai peruntukannya, sehingga nelayan kecil tidak tergantung lagi dengan kebutuhan BBM (bensin), karena dengan adanya bantuan ini dapat lebih irit bila dibandingkan dengan penggunaan LPG.

Seto menambahkan bahwa bantuan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dapat digunakan sebaik mungkin dan diharapkan tidak dipindah tangankan atau diperjual belikan karena bantuan ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para nelayan kecil di Kabupaten Sinjai.

“Semoga bantuan ini dapat kembali diberikan kepada masyarakat nelayan kecil nantinya, khususnya bagi yang belum mendapatkan tahun ini, sehingga nelayan Sinjai dapat menikmati program konversi BBM ke LPG 3 Kg secara keseluruhan,” harapnya.

Diketahui, penerima bantuan secara simbolis diwakili oleh Firman dari Desa Pattongko, Hasyim dari Desa Sanjai, Umar dari Desa Pulau Buhung Pitue dan Mujair dari Desa Pulau Harapan dan Muri dari Kelurahan Lappa.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Azis Kuba

Nelayan Sinjai Dapat Bantuan dari Kementerian ESDM 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga