iklan Kareba Parlementa

OPINI: Tulisan Arif Saleh Tentang Hari Sumpah Pemuda

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, WAJO – Banyak cara dilakukan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Salah satunya, memaknai lewat catatan atau tulisan. Seperti yang dilakukan M.Arif Saleh, calon anggota DPRD Wajo Dapil I Kecamatan Tempe.

Mantan pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel ini, mengajak pemuda untuk bangkit bersama. Bangkit mengisi kemerdekaan. Bangkit melawan pengaruh negatif yang menjangkiti generasi muda. Bangkit untuk lebih kreatif, dan bangkit berkonstribusi aktif bagi bangsa dan negara.

Iklan Humas SulSel

Secara khusus, Mas Bro (M.Arif Saleh Bersama Rakyat Wajo), menuangkan harapan dan ide-idenya melalui catatan singkat. Berikut tulisannya:

Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah penting bagi perjalanan bangsa Indonesia. Bertanah air satu, satu bangsa, serta satu bahasa adalah pengikat, sekaligus identitas kita sebagai warga negara.

9 tahun partai nasdem

Kita semua mahfum, bahwa Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda jauh sebelum Indonesia merebut kemerdekaannya. Ada semangat nasionalisme yang mengilhami. Ada tekad kuat bangkit melawan penindasan. Ada ketulusan untuk mengangkat harkat dan martabat kita sebagai bangsa. Ada rasa kebersamaan. Ada tujuan mulia yang ingin dicapai. Bebas dari belenggu penjajahan.

Kesadaran para pemuda kala itu didasari dengan masih terkotaknya perjuangan berbagai elemen anak bangsa merebut kemerdekaan. Sehingga jika tak ada ikhtiar dan semangat nasionalisme untuk menyatu, maka dipastikan penjajah akan semakin leluasa menindas dan menguasai kekayaan alam kita. Karena itulah, pemuda mempelopori untuk memadukan kekuatan anak bangsa melalui ‘Sumpah Pemuda’.

Berangkat dari sejarah perjuangan para pemuda, maka sebagai generasi bangsa harus menjaga pengorbanan dan perjuangan mereka. Menjaga agar Indonesia bisa mandiri. Menjaga kedaulatan, harkat dan martabat bangsa. Menjaga Indonesia tak dikuasai oleh negara asing. Tak kalah penting, menjaga semangat sekaligus idealisme pemuda.

Seiring dengan perkembangan dan pengaruh globalisasi, maka peran pemuda sangat penting untuk kita gelorakan. Gelorakan untuk terus mengasah diri memberi Konstribusi bagi bangsa. Gelorakan menjaga jati diri bangsa di tengah pengaruh modernitas yang bisa mendegradasi moral generasi kita.

Olehnya itu, Hari Sumpah Pemuda mesti kita jadikan momentum untuk bangkit bersama. Bangkit melawan pengaruh negatif yang menjangkiti generasi muda. Bangkit untuk lebih kreatif. Dan bangkit berkonstribusi aktif bagi bangsa dan negara.

Pemuda Indonesia adalah mereka yang selalu menunjukkan karyanya. Mengobarkan semangatnya. Meraih prestasi untuk tanah airnya. Menjunjung kearifan lokal. Merawat kebersamaan dalam bingkai kebhinekaan. Memiliki integritas dan idialisme. Bertanggungjawab ikut memajukan, dan mensejahterakan bangsa. Punya kepedulian terhadap sesama. Aktif menyuarakan ketidakadilan.

Kita mesti bersepakat, bahwa pemuda masa kini bukanlah pemuda yang larut dari berbagai pengaruh negatif yang bisa menghancurkan moral kita sebagai bangsa yang besar. Bukan pula pemuda yang mudah goyah dan mengingkari komitmennya. Bukan juga pemuda yang hanya berpangku tangan.

Kita sadar, tantangan yang kita hadapi memang tak perlu lagi ikut mengangkat bambu runcing mengusir para penjajah. Tapi tantangannya sangat kompleks. Jika kita tak siap dan membekali diri kita, maka perlahan kita akan terdegradasi oleh zaman. Apalagi ‘penjajahan’ moderen sudah mengintai setiap saat, kalau kita tak mau bilang sedang menjajah kita. Lengah sedikit, moralitas generasi jadi taruhan. Larut dengan pengaruh negatif, maka harga diri bangsa akan tergadaikan.

Kita mesti bersepakat, sumpah pemuda harus tetap membumi. Pemaknaan dan spiritnya jauh lebih luas. Sumpah pemuda menjadikan Indonesia bebas dari penjajahan moderen. Sumpah pemuda tak membiarkan ‘perut buminya’ dirampas. Sumpah pemuda berlomba berbuat kebaikan (bukan keburukan). Sumpah pemuda mengisi sendi pengabdian. Sumpah pemuda yang menjunjung kebersamaan dan menghargai setiap perbedaan. Sumpah pemuda menjaga moralitas, etika dan kearifan budaya kita. Sumpah pemuda berani melawan kemiskinan dan ketidakadilan. Sumpah pemuda “MA7 ridecengnge”. Sumpah pemuda menggapai 7an mulia. Sumpah pemuda se7 semangatnya tak surut.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018. Kita Indonesia, Kita Arif, Kita Bangga.

Wajo, 27 Oktober 2018.
Salam Hormat
MAS BRO

Editor: Kink Kusuma Rein

Iklan PDAM
...

Populer

Pesawat Jemaah Haji Heboh, Mendadak Seperti Pesta Perkawinan Bugis-Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Aliyah Ummu Hafizh, salah satu jemaah haji Kloter 14 UPG asal Sulawesi Selatan tercengang melihat penumpang pesawat Garuda yang berubah seperti...

Sri Wulansari CPNS Asal Jeneponto Pecahkan Rekor

SULSELSATU.com, JENEPONTO -  Sri Wulansari, Guru Honorer Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri  4 Jeneponto sukses pecahkan rekor nilai TIU Tes CAT Seleksi CPNS...

VIDEO: Video Syur Mirip Gisel Viral di Media Sosial

SULSELSATU.com - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video syur yang diduga mirip dengan Gisel, Sabtu (7/11). Nama Gisel trending di Twitter karena beredar video syur...

Nenek 75 Tahun Ditemukan Tewas dengan Mulut Dilakban dan Tangan Terikat

SULSELSATU.com, BEKASI - Seorang nenek berusia 75 tahun, Maria, warga perumahan Harapan Indah 2, Claster Taman Sari Blok N1, Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya,...

Kabar Buruk, Arab Saudi Hentikan Kedatangan Jemaah Umrah Asal Indonesia

SULSELSATU.com - Kabar buruk datang dari pemerintah Arab Saudi. Jemaah umrah dari beberapa negara, termasuk Indonesia, untuk sementara waktu ditangguhkan. Selain umrah, ada juga...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Video Pelajar SMK Diduga Mesum Beredar di Parepare, Ini Kata Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebuah video pelajar yang diduga mesum beredar dan viral di media sosial. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, dimana...

VIDEO: Viral, Perawat Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Pasiennya

SULSELSATU.com, SURABAYA - Sejak Rabu (24/1/2018) malam, warganet dihebohkan dengan beredarnya video pelecehan seksual yang dialami seorang pasien cantik di rumah sakit. Video tersebut diposting...

Artikel Lainnya

Gara-gara Berbohong, Mantan Timses Donald Trump Dipenjarakan

SULSELSATU.com - Mantan anggota tim kampanye Presiden Donald Trump, George Papadopoulus,...

GALERI FOTO: Sambut F8, Kecamatan Rappocini Bangun Tugu di Hertasning

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan tugu Eight Festival (F8)...

Buka Kantor Balaikota Perwakilan di Kecamatan Biringkanaya, None Dekatkan Pelayanan ke Masyaraka

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman Yasin Limpo, akan berkantor...

Intip Program Ibas-Rio, Peduli Semua Agama di Luwu Timur

SULSELSATU.com, LUWU TIMUR - Kabupaten Luwu Timur adalah salah satu daerah...

Sekda Lutra Minta Anak Muda Jaga Alam dan Lingkungan dengan Baik

SULSELSATU.com, LUWU UTARA - Pesan bermakna disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda)...

Terkini

Gubernur NA dan Pj Walikota Rudy Resmi Terperiksa di Bawaslu Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Pj Wali Kota...

VIDEO: KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

SULSELSATU.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo ditangkap KPK terkait...

Plt Bupati Barru Apresiasi Gagasan Karang Taruna Kecamatan Barru

SULSELSATU.com, BARRU - Plt Bupati Barru Ir Nasruddin sangat mendukung rencana...

VIDEO: Salut, Gadis Ini Selamatkan Hiu Kecil yang Terjebak di Tepi Pantai

SULSELSATU.com - Seorang gadis di Australia mendapat pujian dari media sosial. Gadis...

Akademisi Sebut Danny-Fatma Kuasai Materi, Appi-Rahman Terkesan Tidak Nyambung

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Debat publik putaran kedua Pilkada Makassar telah usai...