images-ads-post

Forum Alumni UIT Ikut Selamatkan Kampus, Ini yang Dilakukan

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Alumni Universitas Indonesia Timur (UIT) membuat forum pasca dikeluarkannya sanksi Administratif UIT Makassar oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan Nomor : 1964/C.CS/KI/2018 tertanggal 8 Mei 2018.

Surat ini dikeluarkan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti pada tanggal 2-3 April 2018 di gedung rektorat Universitas Indonesia Timur Makassar. Dari hasil pemeriksaan itu ditemukan beberapa pelanggaran administratif.

Adapun forum tersebut diberi nama Forum Alumni UIT dan berisikan perwakilan setiap fakultas, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Kebidanan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ekonomi, Fakultas PAI, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Koordinator Forum Alumni UIT, Adhi Bintang mengatakan, forum ini menjadi wadah pemersatu alumni untuk berkontribusi terhadap penyelesaian masalah UIT.

Alumni Fakultas Hukum angkatan 2006 ini menuturkan, forum ini sudah bergerak dan melihat dari berbagai sudut pandang mengenai masalah yang membelit UIT. Beberapa jajaran penanggung jawab tiap-tiap fakultas juga saling bahu-membahu menelaah dan mencari solusi agar UIT dapat melewati masalah yang tengah dihadapi.

“Salah satu langkah cepat yang dilakukan oleh forum ini adalah membentuk Tim Hukum Forum Alumni yang diisi beberapa advokad muda yang berasal dari Kampus Universitas Indonesia Timur,” kata Adhy, Kamis (1/11/2018).

Tim hukum ini dikomandoi langsung oleh koordinator hukum, Hasri Jack. Dalam tim hukum tersebut tergabung beberapa advokat yang ada di dalamya.

“Sementara itu oleh koordinator forum dan beberapa alumni perwakilan fakultas telah menjalankan beberapa agenda, salah satunya melakukan pertemuan dengan pihak rektorat UIT dan juga L2Dikti. Kami dari Forum Alumni mendorong beberapa tuntutan kepada berbagai lembaga yang terkait, termasuk birokrasi UIT,” ujar Adhy.

“Kami mendorong bahwa dalam pelaksanaan managemen kampus ke depan harus dijalankan sesuai peraturan Perundang-undangan dan tentunya dalam pelaksanaan teknis harus mengacu pada Statuta UIT yang telah diperbaruhi tertanggal 10 Juli 2017,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, hal yang paling krusial di forum alumni UIT adalah bagaimana ke depan birokrasi dan yayasan UIT dalam hal pengangkatan pejabat struktural di UIT harus sesuai dengan mekanisme yang telah diatur dalam Statuta UIT.

“Terlebih lagi tenaga pengajar harus memiliki standarisasi kompetensi sebagai syarat untuk mengajar di Universitas Indonesia Timur Makassar ,” tegas Adhy.

Eks Ketua BEM Hukum UIT ini pun menegaskan, Forum Alumni merespon positif terkait pergantian Ketua Yayasan Universitas Indonesia Timur dari Haruna kepada Aminuddin.

“Bagi kami inilah salah satu niat baik dari pihak yayasan UIT untuk memperbaiki UIT kedepan. Kami berharap ke depan setelah menemui hasil yang sama-sama kita berharap tertanggal 1 November 2018 KemenristekDikti dapat mencabut Sanksi Administratif UIT melalui mediasi yang dilaksanakan dan membuka pangkalan data L2Dikti agar pihak kampus dapat mengakses data untuk kepentingan perbaikan data Mahasiswa Universitas Indonesia Timur,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu alumni UIT Fakultas Ekonomi, Izhal mengatakan bahwa forum alumni ini akan terus berkontribusi dalam pengawalan berbagai aspek untuk kepentingan perbaikan UIT ke depan .

Menurutnya kehadiran forum menjadi wadah yang sangat penting untuk mengakomodir kepentingan alumni dan almamater UIT agar ke depan posisi alumni dapat berkontribusi positif untuk kebaikan secara bersama .

“Tanggal 31 Oktober 2018 kemarin, Forum Alumni kembali melakukan pertemuan yang dihadiri berbagai perwakilan fakultas yang ada di UIT Makassar dengan pihak birokrasi UIT dalam hal ini Humas UIT Makassar, Pak Zulkarnain Hanstom. Pertemuan ini guna membahas langkah – langkah yang harus diambil menjelang tanggal berakhirnya batas waktu sanksi yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti yang jatuh pada tanggal 8 November 2018,” jelas Izhald.

Pihaknya berharap dalam pertemuan itu melahirkan solusi-solusi yang muarahnya untuk kebaikan secara bersama.

Terpisah, Kepala Humas UIT mengucapkan terima kasih tak terhingga atas kritikan dan support yang membangun dari Forum Alumni. Dia mengatakan dukungan dari Forum Alumni sangat berdampak positif terkait permasalahan yang tengah dihadapi oleh Universitas Indonesia Timur .

“Insya Allah dikungan dari teman-teman Alumni akan berdampak baik terhadap upaya pihak kampus melakukan perbaikan,” tandasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Iklan Humas SulSel

Berita Terkait

DPW PPP Sulsel Bentuk Panitia Muswil, Digelar Mei 2021

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah membentuk panitia Musyawarah Wilayah (Muswil) yang dilakukan di Sekretariat PPP Sulawesi Selatan, Jalan Sungai Saddang. Rapat pembentukan...

Walikota Danny Temui Wakil Ketua KASN, Bahas Soal Lelang Jabatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menemui Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Membahas kelanjutan lelang jabatan yang akan dilakukan di Pemkot Makassar. Danny...

Humas RSUD Parepare Rilis Jadwal Layanan Poli Selama Ramadan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Humas RSUD Andi Makkasau Parepare kembali merilis jadwal terbaru pelayanan rawat jalan selama ramadan. Berikut jadwal layanan 17 Poli RSUD Andi Makkasau: 1....

Populer

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Pengacara Muda Asal Makassar Pinang Fashion Blogger Indah Nada Puspita

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Hijabers cantik, Indah Nada Puspita yang populer dikenal sebagai fashion blogger hijab di Indonesia resmi dilamar oleh seorang pengacara muda asal...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Rektor UPA Sebut Pemprov Sulsel Jual Besi Tua Stadion Mattoanging: Duitnya Diambil Nurdin Abdullah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pengamat Pemerintahan Universitas Patria Artha Makassar (UPA) Bastian Lubis menilai sejak awal pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel tak memiliki niat untuk melakukan...

3 Cara Ampuh Keluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

SULSELSATU.com - Kondisi Si Kecil yang baru lahir memang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Terlebih jika cuaca di luar sedang tak menentu. Akibatnya, bukan hanya...

VIDEO: Video Syur Mirip Gisel Viral di Media Sosial

SULSELSATU.com - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video syur yang diduga mirip dengan Gisel, Sabtu (7/11). Nama Gisel trending di Twitter karena beredar video syur...

Hotel Dalton Makassar Siapkan Menu Buka Puasa Sepuasnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dalton Makassar selama Ramadan 2021 menawarkan paket buka puasa makan sepuasnya (all you can eat) mulai dari harga Rp68 ribu nett...
Iklan Nasdem
images-ads-post
Humas Pemkot Makassar
Humas Pemkot Makassar