Dirjen Bina Konstruksi PUPR Bawa Kuliah Umum di Unibos

15
  • 1
    Share

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Syarif Burhanuddin hadir membawakan materi di kuliah umum Fakultas Teknik Unibos di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Unibos, Kamis (8/11/2018).

Syarif Burhanuddin yang juga merupakan mantan dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Unibos saat masih bernama Universitas 45 ini membawakan kuliah umum yang mengusung tema ‘Peran Perguruan Tinggi Dalam Era Industri 4.0 dan Society 5.0’.

Dalam paparannya, Syarif mengungkapkan jika salah satu pengaruh terbesar dalam suksesnya sebuah konstruksi adalah dari dukungan sumber daya manusia.

“Jika kualitas dan kemampuan SDM yang masih kurang, itu bisa menjadi penyebab salah satu kegagalan konstruksi yang masih banyak terjadi di Indonesia saat ini,” ungkapnya.

Saat ini, kata Syarif, daya konsumsi terhadap konstruksi yang tertinggi di Asean adalah Indonesia. Namun sebagai bangsa yang besar, Indonesia menghadapi beberapa tantangan termasuk disparitas antara wilayah dan kawasan yang masih tinggi, daya saing nasional masih belum kuat karena keterbatasan infrastruktur termasuk konektivitas, pemanfaatan sumber daya belum optimal dan urbanisasi yang tinggi mencapai angka 53 persen untuk kawasan perkotaan.

“Sehingga untuk mendukung itu, kementerian masih sangat membutuhkan lulusan teknik yang dapat dikembangkan menjadi tenaga insinyur nasional yang berkompeten dan berdaya saing. Maka belajarlah dengan sebaik-baiknya,” kata Syarif kepada mahasiswa yang hadir.

Oleh karena itu, Syarif berpesan agar mahasiswa memanfaatkan waktu kuliah sebaik mungkin. Ia mengatakan, masa depan negara ada pada mahasiswa.

“Jadi mahasiswa rugi kalau buang-buang waktu untuk demontrasi. Jika mau jadi bermanfaat ke depan, maka harus memanfaatkan waktu sekarang untuk berbenah ilmu,” harapnya.

Penulis: Abdul Kadir Jaelani
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga