Tahap Pertama, Pemprov Bakal Bangun Rest Area di Jeneponto dan Palopo

77
  • 4
    Shares
Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Sulsel, Andi Bakti Haruni. (Sulselsatu/Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel tengah melakukan studi kelayakan pembangunan rest area di sejumlah daerah di Sulsel. Untuk tahap awal, Pemprov bakal membangun dua rest area di Kabupaten Jeneponto dan Kota Palopo dari total 10 rest area yang ditargetkan.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKP2) Sulsel, Andi Bakti Haruni mengatakan, saat ini pihaknya masih menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 untuk melakukan proses studi kelayakan atau feasibility study.

“Feasibility study di tahun ini dan perencanaan awal secara detailnya itu di awal 2019,” kata Andi Bakti, Jumat (9/11/2018).

Andi Bakti mengungkapkan alasan Jeneponto dan Palopo dipilih sebagai dua daerah awal yang menjadi lokasi pembangunan rest area tahap pertama. Alasannya, melihat besaran anggaran yang diusulkan untuk pengerjaan fisik di APBD Pokok 2019 serta kesiapan masing-masing daerah menyiapkan lahan sesuai kriteria yang dijanjikan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Kita bertahap dulu, dua dulu di daerah yang paling siap lokasinya. Di Jeneponto dan Palopo. Karena kita belum melakukan pertemuan dengan daerah, baru pertemuan awal. Pemerintah kabupaten/kota yang siapkan lahan,” beber Bakti.

Untuk besaran luas area yang dibutuhkan, Bakti mengaku jika akan nantinya akan lebih besar dari ukuran rest area yang ada di Kabupaten Bantaeng yang sebelumnya diresmikan Gubernur beberapa waktu lalu.

“Saya belum tahu, bergantung dari ruas jalan dan jumlah kendaraan yang melintas secara rata-rata. Sedikit lebih besar yang dari Bantaeng,” lanjutnya.

Untuk besaran anggaran yang dibutuhkan, Bakti mengaku telah mengusulkan anggara sebesar Rp 35 miliar di APBD Pokok 2019. 

“Kami mengalokasikan rencana anggaran APBD 2019 sebesar Rp30 miliar hingga Rp35 miliar untuk satu titik,” pungkas Bakti.

Pembangunan rest area merupakan salah satu program utama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada periode lima tahun ke depan.

Pembangunan rest area ini berfungsi sebagai etalase pemerintah daerah setempat untuk memperkenalkan produknya dan juga bisa menjadi objek wisata bagi para pelancong.

Penulis: Jabir Majid
Editor: Awang Darmawan

Tahap Pertama, Pemprov Bakal Bangun Rest Area di Jeneponto dan Palopo 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga