Toraja Dua Kali Diguncang Gempa Berkekuatan 2 SR lebih

38

SULSELSATU.com – Gempa tektonik berkekuatan 2.6 skala richter (SR) menguncang Kabupaten Tana Toraja pada pukul 06:42 WIB atau 07:42 Wita, Sabtu (10/11/2018). Getaran gempa ini dirasakan hingga ke Kabupaten Mamasa yang berada di Provinsi Sulawesi Barat.

Parameter gempa yang dilansir dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa yang terjadi di darat ini berpusat di 3.04 Lintang Selatan (LS) dan 119.53 Bujur Timur (BT) atau 23 Km Barat Laut Tana Toraja dengan kedalaman 10 Km.

Peta Guncangan Gempabumi (Earthquake Shakemap) menunjukan, getaran dirasakan hanya di Mamuju dengan skala MMI level II.

Gempa pada pagi itu merupakan gempa susulan setelah sebelumnya pada pukul 00:24 Wita (Sabtu, 11/11/2018) Tana Toraja juga digoyang dengan magnitudo 2.4. 

Toraja Dua Kali Diguncang Gempa Berkekuatan 2 SR lebih 1

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini berpusat di darat, 21 kilometer Barat Laut Tana Toraja- Sulsel pada koordinat 3.04 LS – 119.55 BT pada kedalaman 11 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Saddang. Guncangan gempabumi dirasakan di Mamasa II MMI. Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman.

Diketahui, aktivitas Sesar atau patahan Saddang ini membuat kawasan Mamasa Sulawesi Barat menjadi langganan gempa sejak beberapa pekan lalu.

Penulis: Azis Kuba

Toraja Dua Kali Diguncang Gempa Berkekuatan 2 SR lebih 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga