Polisi Telah Limpahkan Dua Anak Buah Akbar Ampuh

8

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Reskrim Polrestabes Makassar melimpahkan dua tersangka kasus pembakaran dan pembunuhan satu keluarga di Jalan Tinumbu lorong 166 B ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar.

Pelimpahan tersangka yakni Muhammad Ilham alias Ilho (23) dan Sulkifli Amir alias Ramma (22) dilakukan setelah berkas perkara milik keduanya dinyatakan lengkap oleh tim Jaksa Peneliti.

Kedua tersangka itu adalah anak buah Akbar dg Ampuh sang otak pembakaran yang tewas bunuh diri di Lapas kelas IA Makassar 22 Oktober 2018 lalu.

Kedua tersangka diserahkan langsung penyidik satuan reskrim Polrestabes Makassar di kantor Kejaksaan Negeri, Kamis (8/11/2018) sore.

Polisi Telah Limpahkan Dua Anak Buah Akbar Ampuh 1

“Pelimpahannya sudah tahap II. Selain melimpahkan tersangka, barang bukti juga dilimpahkan,” ujar Kasat reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Wirdhanto Hadicaksono, Sabtu (10/11/2018).

Selain tersangka, sejumlah barang bukti lainnya yang dilimpahkan adalah satu laci lemari sisa pembakaran, satu benda puing sisa pembakaran, rak piring plastik sisa pembakaran, satu botol air mineral ukuran 600 ml.

Selain itu, terdapat pula baeang bukti laimnya berupa dua unit handphone merk Oppo dengan tipe berbeda, dan satu motor honda Scoopy yang dipakai dua tersangka saat melakukan pembakaran.

“Tersangka dikenakan pasal 340 KUHP atau pasal 187 ayat (3) KUHP jo pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHP,”imbuhnya.

“Iya ini sudah P21. Jadi ini tahap duanya dan dilimpahkan hari ini,” ujar Sulkifli.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ilho dan Ramma menjadi eksekutor yang menghabisi nyawa enam warga di Jalan Tinumbu pada Senin dini hari 6 Agustus lalu. Dua tersangka ini membunuh dengan cara membakar rumah Sanusi (salah satu korban) karena mendapat perintah dari otak yang juga narapidana di lapas klas IA Makassar, Akbar Ampuh.

Akbar Ampuh mengotaki pembunuhan sadis ini disebabkan oleh seorang cucu Sanusi, Ahmad Fahri memiliki hutang piutang narkoba sebesar 29 juta rupiah yang belum dibayar kepadanya.

Namun kasus Akbar sendiri telah diberhentikan usai dua bulan setelah aksinya diketahui dan ditetapkan tersangka, ia nekat bunuh diri di ruang tahann isolasi di Lapas Klas IA Makassar.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Azis Kuba

Polisi Telah Limpahkan Dua Anak Buah Akbar Ampuh 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga