Mahasiswa UNM Teliti Sejarah Lokal Sulawesi Selatan

21

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) meneliti sejarah lokal Sulawesi Selatan. Agenda ini berlangsung di empat kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan.

Kegiatan bertujuan ini bertujuan menambah wawasan kesejarahan mahasiswa khususnya sejarah lokal sekaligus pemenuhan tugas mata kuliah. Kegiatan yang diikuti oleh 68 mahasiswa angkatan 2016 ini berlangsung selama tiga hari, 8-11 November 2018.

“Kami akan berkunjung ke situs sejarah yang ada di Kabupaten Jeneponto, Bulukumba, Sinjai, dan Bone” kata Muhammad Akbar selaku ketua panitia, Jumat (9/11/2018)

Akbar mengatakan, rombongan mahasiswa ini akan berkunjung ke beberapa situs sejarah, diantaranya, Makam Raja-Raja Binamo, Makam Latenri Ruwa, Kawasan Adat Ammatoa, Batu Pake Gojeng, Benteng Balanipa, dan Bola Sobat.

“Kami akan berkunjung ke beberapa situs sejarah yang ada di empat kabupaten itu,” kata dia.

Akbar melanjutkan, dalam catatan sejarah, Sulawesi Selatan memiliki beberapa kerajaan besar di masa lampau. Bukti dari peradaban kerajaan itulah yang pihaknya akan dikunjungi.

“Banyak kerajaan besar yang pernah menghegemoni di Sulawesi Selatan. Kami akan mengunjungi bekas-bekas peninggalannya,” tuturnya.

Dirinya berharap kegiatan ini mampu menambah wawasan kesejarahan terkhususnya sejarah lokal. Mengetahui bagaimana kerajaan-kerajaaa di Sulawesi Selatan terbentuk dan apa pengaruhnya sampai sekarang.

“Intinya semoga wawasan kesejarahan kami lebih luas lagi,” ujar Akbar.

Penulis: Abdul Kadir Jaelani
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga