Jeneponto Diakui Sebagai Penghasil Jagung Terbesar di Sulsel

125
  • 171
    Shares

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dari 24 Kabupaten/kota di Sulsel, Kalitbang Kementrian Pertanian RI, Andi Muhammad Sakkir menyebut Kabupaten Jeneponto adalah salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Sulsel.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sakkir ke Jeneponto, Sabtu (10/11/2018) di dusun Palantikan, Desa Balumbungan, Kecamatan Bontoramba dalam rangka Safari Panen Raya Jagung 2018.

Hadir menerima kunjungan Kadis Ketahanan Pangan SulSel, Fitriani, Kadistan Jeneponto, Ahmad, Camat Bontoramba, Ahmad L, Kabid Hanpangan distan Jeneponto, Bambang dan tamu lainya.

Sakkir dalam sambutanya mengucapkan permintaan maafnya karena Menteri pertanian RI, Amran Sulaiman tak bisa hadir dalam acara hari ini.

Jeneponto Diakui Sebagai Penghasil Jagung Terbesar di Sulsel 1

“Perlu kami sampaikan, bahwa Jeneponto termasuk penghasil jagung terbesar di wilayah Sulsel, semoga pencapaiyan tersebut dapat dipertahankan dan baiknya ditingkatkan lagi,”ujar Andi Sakkir.

Ia juga berterima kepada Pemkab Jeneponto yang telah mendorong para petani untuk memilih komoditi jagung dan dalam waktu dekat ini daerah berjuluk Butta Turatea akan mencoba bibit baru dengan nama nasa 29 tongkol 2.

“Kabupaten Jeneponto akan mencoba bibit terbaru dengan nama Nasa 29 tongkol 2 semoga bibit ini dapat meningkatkan hasil produksi para petani yang ada di Jeneponto,” jelas Sakkir.

Sementara data yang diperoleh, pada Tahun 2016 luas tanam jagung sekitar 52.170 hektare dan itu meningkat sebesar meningkat 34,66 ditahun tahun 2017 menjadi 18.082 hektare.

Bahkan, dalam satu hektar petani Jagung di Jenepobto mampu menghasilkan enam sampai tujuh ton jagung dalam satu hektar lahan.

Penulis: Dedi
Editor: Azis Kuba

Jeneponto Diakui Sebagai Penghasil Jagung Terbesar di Sulsel 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga