Pemkab Takalar Berjibaku dengan Syarat untuk Gelar Pahlawan Nasional Karaeng Galesong

20
  • 1
    Share
Kepala Dinas Sosial Takalar Ridwan Tiro. (Ist)

SULSELSATU.com, TAKALAR – Pemkab Takalar mengupayakan agar I Mannindori Karaeng Tojeng Karaeng Galesong dapat diberi gelar pahlawan nasional.

Kepala Dinas Sosial Takalar, Ridwan Tiro mengatakan, akan melaksanakan seminar nasional yang rencananya digelar di Jakarta sebagai salah satu syarat pemberian gelar oleh Kementrian Sosial.

Seminar nasional ini menjadi runtutan proses yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Takalar yang sebelumnya telah melakukan berbagai kajian melalui seminar nasional yang berlangsung di Makassar, dan pembuatan buku tentang nilai-nilai muatan lokal mengenai Karaeng Galesong.

Dia optimis, gelar pahlawan nasional oleh Karaeng Galesong ini dapat tercapai, melihat usaha yang dilakukan Pemkab Takalar selama pemerintahan Syamsari-Ahmad Se’re.

Selain itu, dari hasil seminar nasional beberapa bulan lalu membantah seluruh hasil pengajuan gelar pahlawan yang dilakukan oleh pemerintahan yang sebelumnya.

“Semua kajian dan hasil seminar yang baru kita lakukan itu membuktikan bahwa I Mannindori tidak berafiliasi dengan VOC Belanda, ini sekaligus membantahkan semua hasil pengajuan gelar pahlawan yang telah dilakukan sebelumnya. Mudah-mudahan dengan kajian ini ke depannya bisa memberikan gambaran sebenarnya siapa I Mannindori Karaeng Tojeng Karaeng Galesong yang layak untuk diberikan penghargaan sebagai pahlawan nasional.

Peluang I Mannindori Karaeng Tojeng Karaeng Galesong sangat besar untuk mendapat gelar pahlawan, meski membutuhkan waktu untuk meraih gelar kebesaran tersebut.

“Semoga dengan kajian maksimal dan mendalam serta hasil seminar yang kita lakukan itu bisa membantahkan hasil sebelumnya yang telah diupayakan oleh pemerintahan sebelumnya. Besar peluangnya, meskipun kita tidak pungkiri bahwa membutuhkan waktu untuk semua ini,” pungkasnya.

Penulis: Reni Kamaruddin
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga