Tol Layang Dorong Pertumbuhan Ekonomi Makassar di Triwulan III 2018

47
  • 10
    Shares
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol layang di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar, Senin (15/10/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pembangunan tol layang AP Pettarani, Makassar menjadi salah satu penyumbang peningkatan pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan III 2018. Ekonomi Sulsel pada triwulan III tumbuh 7,17 persen di periode yang sama di tahun sebelumnya atau tumbuh 5,40 persen dibanding triwulan II.

Kabid Neraca Wilayah dan Analis Statistik BPS Sulsel, Didik Nursetyohadi mengatakan, pembangunan tol layang merupakan salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi Sulsel. Diikuti adanya penyelesaian pembangunan Makassar New Port, serta Bandara Bua.

“Proyek pembangunan ini mendorong pertumbuhan lapangan usaha kontruksi. Lapangan usaha kontruksi tumbuh paling tinggi diantara lainnya di triwulan III 2018 sebesar 10,82 persen,” kata Didik, Senin (12/11/2018).

Di samping itu, BPS Sulsel mencatat, selain pertumbuhan kontruksi yang tinggi, adanya hasil panen beberapa komoditas, seperti padi palawija juga turut mendorong pertumbuhan pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 7,26 persen.

Ia menambahkan jasa pendidikan mengalami pertumbuhan sebesar 6,11 persen. Peningkatan ini ditopang dengan memasukinya tahun ajaran baru yang ditandai penerimaan murid atau siswa atau mahasiswa baru.

“Disamping lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan, ada beberapa yang mengalami penurunan yaitu pertambangan dan penggalian sebesar 0,95 persen, pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang turun 2,28 persen, serta jasa keuangan dan asuransi yang turun 4,74 persen,” ungkapnya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga