Triwulan III, Ekonomi Sulsel Tumbuh 7,17 Persen

11
  • 1
    Share
Kabid Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Sulsel, Didik Nursetyohadi memaparkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Agustus 2018, di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jalan Haji Bau, Makassar, Senin (5/11/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Perekonomian di Sulsel mengalami pertumbuhan 7,17 persen di triwulan III tahun 2018. Dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Sulsel Triwulan III, sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor memiliki pertumbuhan tertinggi sebesar 1,82 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat sumber kedua pertumbuhan ekonomi Sulsel adalah konstruksi sebesar 1,68 persen, pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 1,19 persen, serta informasi dan komunikasi sebesar 0,59
persen.

Kabid Neraca Wilayah dan Analis Statistik BPS Sulsel, Didik Nursetyohadi mengatakan, pertumbuhan ekonomi didukung oleh hampir semua lapangan usaha kecuali pertambangan dan penggalian serta industri pengolahan yang mengalami penurunan sebesar 2,21 persen dan 0,40 persen.

“Sementara jika dilihat dari triwulan sebelumnya (qtq), ekonomi Sulsel tumbuh sebesar 5,40 persen. Hal ini terjadi karena didukung dengan pertumbuhan lapangan usaha konstruksi 10,82 persen, diikuti oleh pertanian, kehutanan, dan perikanan 7,26 persen, sasa pendidikan 6,11 persen, dan industri pengolahan sebesar 5,63 persen,” bebernya, Senin, (12/11/2018).

Didik menjelaskan, ekonomi Sulsel triwulan III secara qtq tumbuh sebesar 5,40 persen. Komponen yang mendukung dengan tumbuh positif mulai dari pengeluaran konsumsi rumah tangga (PK-RT), pengeluaran konsumsi pemerintah (PK-P), PMTB, dan Ekspor Barang dan Jasa.

“Sementara itu, Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non-Profit yang melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT) dan Impor Barang dan Jasa mengalami kontraksi. Dan, untuk komponen yang tumbuh paling tinggi adalah Ekspor sebesar 12,84 persen,” ucapnya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga