Disdukcapil: Ada 2.500 WNA di Sulsel, 320 TKA

29

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Pendudukan Sulawesi Selatan telah melakukan pendataan Warga Negara Asing (WNA) yang menetap di Sulsel.

Kepala Dinas Dukcapil Dalduk Sulsel, Sukarniaty Kondolele menjelaskan bahwa telah mendata 2.500 WNA, 320 tenaga kerja asing.

“Pendataan ini agar mereka lebih tertata dengan baik, dan juga bisa mendapatkan haknya, sebagai warga negara. Terutama untuk mendapatkan pelayanan karena inikan kewajiban kita, mereka domisili di Indonesia,” katanya, Senin (12/11/18).

Ia menambahkan, pendataan ini intens dilakukan karena sangat penting, WNA ini juga merupakan penduduk Indonesia. Hak-hak mereka tentu harus dilindungi.

“Jika tidak terdata dengan baik, tentu hal ini sulit dilakukan. Banyak kejadian yang yang kita dapati berkaitan dengan hal itu. Tentu itu akan merusak citra negara kita dan tentu akan menjadi kendala bagi hubungan kerjasama antarnegara,” imbuhnya

Sejauh ini, Sukarniaty mengatakan, progress pendataan cukup baik. Namun memang ada yang menjadi kendala ketika dilakukan pendataan karena sebagian ada yang bisa bahasa Indonesia ada tidak.

“Tentu kita harus memiliki SDM yang baik, teman-teman Dukcapil kabupaten/kota mampu melakukan hal itu,” katanya

Selain itu, Sukarniaty menyebutkan bahwa masih ada WNA yang kurang paham, sehingga mereka memerlukan pemahaman seperti ini yang dimaksud administrasi kependudukan.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga