Pemkot Klaim Produksi Gabah di Makassar Terus Meningkat

14
  • 2
    Shares

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Makassar menyebut jumlah produksi gabah 4 tahun terakhir terus mengalami peningkatan produktifitas.

Dari data Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Makassar, jumlah produksi padi tahun 2014 sebesar T 19.031 ton. Angka tersebut meningkat di tahun 2015 menjadi 20 ribu ton, disusul tahun 2016 dan 2017 menjadi 26,3 ribu ton.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Makassar, Abd. Rahman Bando mengatakan, jumlah produksi gabah dari tahun ke tahun sejalan dengan program peningkatan indeks pertanaman yang dilakukan oleh Dinas P2 Makassar.

“Dengan sistem ini, secara tidak langsung dapat meningkatkan produksi padi di Kota Makassar. Misalnya, jika selama ini petani kita menanam padi hanya 2 dua kali, dalam setahun sekarang kita arahkan menanam sampai 3 kali setahun,” kata Rahman.

Meski jumlah produksi tersebut belum mampu menjangkau seluruh kebutuhan beras masyarakat, namun menurut Rahman, persediaan beras di Makassar cukup stabil.

Hal ini lantaran posisi Makassar sebagai pusat pemasaran komoditas di kawasan timur Indonesia.

“Makassar ini merupakan sentral pemasaran komiditi dari berbagai daerah, Alhamdulillah suplai beras di Makassar paling stabil,” ucap Rahman.

Sekadar diketahui, hari ini Kelompok Tani Sukamaju binaan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Makassar melakukan panen raya di Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala, Senin (12/11/2018).

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga