Kasus Masih Bergulir di Persidangan, Terdakwa Korupsi Alkes Rp4 Miliar Meninggal Dunia

42
Korupsi e-KTP, e-KTP, KPK, Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Rahardjo, Febri Diansyah, LPKP, Nazaruddin, PN Jakarta Pusat, Jakarta
Ilustrasi. (Foto: Inilah.com)

SULSELSATU.com, BANDUNG – Mantan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Iman Firmanullah, terdakwa kasus dugaan korupsi alat kesehatan (Alkes) sebesar Rp4 miliar, meninggal dunia di tengah bergulirnya kasus tersebut di persidangan.

“Iya benar meninggal dunia,” kata Kasipenkum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Raymond Ali, seperti dilansir Detik, Senin (12/11/2018).

Iman meninggal dunia kemarin, Minggu (11/11) sore di sebuah rumah sakit. Menurut Raymond, Iman memang mengajukan izin kepada hakim untuk berobat atas penyakit yang dia derita.

“Sebelumnya dalam persidangan, yang bersangkutan kan meminta izin dikeluarkan untuk berobat. Akhirnya dikasih izin berobat dua hari, pas lagi berobat meninggal di rumah sakit,” katanya.

Iman sendiri memang tengah menderita sakit strok. Meski sakit, Iman tetap menjalani persidangan Rabu lalu (7/11/2018). Dalam persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Iman menjalani sidang sambil duduk di atas kursi roda.

Iman menjalani sidang hingga tuntas. Usai pembacaan dakwaan, Iman langsung dibawa ke ruang jaksa di PN Bandung. Tampak Iman tak berdaya. Bahkan untuk minumpun dia kesulitan.

Dalam sidang sendiri, Iman didakwa terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alkes di RSUD Pamengpeuk Garut. Pengadaan alkes dalam kasus Iman itu berasal dari dana hibah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dengan total anggaran Rp 14 miliar. Namun berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jabar, ada indikasi kerugian negara mencapai Rp 4 miliar.

Dalam dakwaannya, jaksa dari Kejati Jabar menyebut Iman yang bertindak sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan stafnya Ade Rusyana sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ikut menandatangani paket proyek tersebut.

Editor: Hendra Wijaya 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Nurdin Amir Terpilih Ketua AJI Makassar, Ini Pesan Direktur PerDIK

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Direktur Pergerakan Difabel Indonesia Untuk Kesetaraan...

Troy Optimis NasDem Dapat Dua Kursi di Dapil Bulukumba dan Sinjai

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pertarungan perebutan kursi DPRD Sulsel di...

Rapat Umum Perdana, Surya Paloh Dorong Semangat Persatuan

SULSELSATU.com - Partai NasDem mendorong kepada seluruh kader dan simpatisannya...

Baca Juga