Tamsil Linrung Luncurkan Buku Politik untuk Kemanusiaan

36
  • 4
    Shares
Anggota DPR Tamsil Linrung saat meluncurkan bukunya berjudul Politik Untuk Kemanusiaan di Warunk Upnormal. (Sulselsatu/Asrul)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPR RI, Tamsil Linrung merilis buku biografinya dengan judul Politik Untuk Kemanusiaan. Peluncuran ini dilakukan di Warunk Upnormal, Jalan Andi Djemma.

Buku setebal 361 lembar itu mengulas perjalanan politik Tamsil. Bahkan, buku yang ditulis oleh Lina Marlina Kamaruddin menceritakan detik-detik lahirnya Tamsil di Puskesmas Sigeri Mandalle, Kabupaten Pangkep, 17 September 1961 silam.

Tamsil adalah anak bungsu dari 7 bersaudara, dari rahim sang Ibu Hatidjah. Sang bapak Tamsil, dahulunya merupakan kepala sekolah di salah satu Sekolah Dasar sekaligus guru mengaji di Pangkep.

Anggota DPR RI Fraksi PKS tersebut mengisahkan, orang tuanya yang menginginkan dirinya untuk menjadi guru. Bahkan, mayoritas saudaranya bertugas sebagai tenaga pendidik.

Dalam buku yang diterbitkan PT Semesta Rakyat Merdeka, dituliskan makna Tamsil. Dalam bahasa Arab adalah “teladan”. Sementara Linrung adalah “melindungi” dalam bahasa Bugis.

“Pada saat lulus SMA, saya sebetulnya lulus tes di Unhas tahun 1980. Tapi karena orang tua maunya saya jadi guru, terpaksa saya mendaftar di IKIP Ujung Pandang yang sekarang namanya UNM,” kata Tamsil, Senin (12/11/2018).

“Waktu itu banyak yang tak lulus tes, karena ketatnya persaingan apalagi jurusan yang saya ambil merupakan jurusan yang paling banyak peminatnya (Ekonomi Perusahaan),” tambah calon Senator itu.

Dewan Pembina Tali Foundation itu menambahkan, dia mengambil jurusan Ekonomi Perusahaan karena keinginan orangtuanya.

“Yang membuat lucu bagi saya banyak yang masuk jurusan ini tetapi kebanyakan setelah lulus tidak menjadi guru, berarti banyak mahasiswa yang masuk kesini karena keinginan orangtua, termasuk saya,” ujarnya sembari tertawa.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga