Parepare Bakal Mendapat Dua Penghargaan

79
Wali Kota Parepare Taufan Pawe

SULSELSATU.com, PAREPARE – Kota Parepare bakal mendapat penghargaan Peserta BPJS Universal Health Coverage dan Kota Sehat Wistara.

“Penduduk Parepare saat ini telah 100 persen dijamin asuransi kesehatan BPJS, dan Kota Sehat Wistara mendapat pengakuan dari sejumlah indikator kelayakannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Parepare, dr Muhammad Yamin, Senin (13/11/2018).

“Dua pengakuan ini, masing-masing penghargaan tertinggi di Sulsel. Yang rencananya diserahkan langsung Pak Gubernur, Prof Nurdin Abdullah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, indikator yang menjadi kelayakan Parepare mendapat penghargaan tersebut diantaranya, tatanan dalam kota sehat, sinergitas program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan mewujudkan keluarga sehat bagi masyarakatnya.

Ia mengatakan, tatanan kota sehat memiliki sembilan indikator, diantaranya kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum. Kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi. Kawasan pertambangan sehat dan kawasan hutan sehat.

Selanjutnya, kawasan industri dan perkantoran sehat. Kawasan pariwisata sehat. Ketahanan pangan dan gizi. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

“Sedangkan indikator Germas diantaranya, peningkatan edukasi hidup dehat, peningkatan kualitas lingkungan, pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan dehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan perilaku hidup sehat dan peningkatan kegiatan fisik,” jelasnya.

Indikator keluarga sehat, lanjut dia, diantaranya keluarga mengikuti KB, lbu bersalin di Faskes, bayi mendapat imunisasi lengkap, bayi diberi ASl ekslusif selama 6 bulan, pertumbuhan balita dipantau tiap bulan dan penderita TB Paru berobat sesuai standar.

“Selanjutnya, penderita hipertensi berobat teratur, gangguan jiwa berat diobati dan tidak ditelantarkan, tidak ada anggota keluarga yang merokok, keluarga memiliki atau memakai air bersih, keluarga memiliki atau memakai jamban sehat dan sekeluarga menjadi anggota JKN/Askes,” jelasnya.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Judas Amir Hadiri Paripurna Pokok-pokok Pikiran DPRD Palopo

SULSELSATU.com - Wali Kota Palopo, Judas Amir menghadiri rapat...

UNBK di Jeneponto, 4 Siswa Tak Ikut Karena Sudah Menikah

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pelaksanaan Ujian Nasioanal Berbasis Komputer atau...

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Makassar Gelar Workshop

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Air Sedunia, PDAM Kota...

Baca Juga