Rawat 87 Korban Bencana Alam Sulteng, RS Parepare Gratiskan Biaya

17
  • 6
    Shares

SULSELSATU.com, PAREPARE – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare telah melayani 87 pasien korban bencana dari Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Jumlah tersebut meliputi 32 pasien rawat jalan, dan 55 rawat inap.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, dari jumlah pasien yang ditangani rumah sakit Andi Makkasau, beberapa pasien diantaranya telah menjalani operasi, cuci darah dan tindakan medis lainnya.

“87 pengungsi yang mendapat penanganan medis di RS Andi Makkasau, telah kita gratiskan biaya pengobatannya, lantaran mereka tidak ditanggung BPJS Kesehatan,” ujarnya, Senin (12/11/2018).

Terpisah, Plt Dirut RSUD Andi Makkasau, dr Renny Anggraeny Sari, mengaku, anggaran dari biaya pengobatan 87 pasien yang mengungsi dan mendapat pelayanan medis di Parepare mencapai Rp135 juta.

“Tindakan yang telah kita lakukan yaitu rawat inap, operasi, perawatan intensif dan cuci darah. Total biaya yang sudah dikeluarkan sekitar Rp135 juta,” katanya.

Menurut dr Renny, hingga saat ini belum ada pos anggaran terkait biaya pengobatan tersebut. Namun pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan Kementrian Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) untuk mencari solusi.

“Jadi pengungsi korban gempa ini ditangani saat periode tanggap darurat. Bahkan masih ada satu pasien yang dirawat, rujukan dari RS Lasinrang dengan gagal ginjal,” katanya.

“Rencana dilakukan cuci darah. Pasien ini tetap kami layani, walaupun masa tanggap darurat telah berakhir,” ujarnya.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Azis Kuba

Rawat 87 Korban Bencana Alam Sulteng, RS Parepare Gratiskan Biaya 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga