Gowa Gelar Job Fair dan Expo 2018, Ada 2.430 Lowongan Bagi Pencari Kerja

19
  • 2
    Shares

SULSELSATU.com, GOWA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa kembali menggelar Job Fair dan Gowa Expo 2018. Acara yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Gowa ini resmi dibuka oleh Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Senin (12/11/2018).

Pembukaan ini ditandai penabuhan gendang oleh Abd Rauf didampingi Ketua DPRD Gowa Andi Ishak, dan Sekretaris Kabupaten Gowa Muchlis di Kawasan Meseum Balla Lompoa, Sungguminasa.

Pelaksanaan Job fair dan Gowa Expo ini akan digelar selama 3 hari yang dimulai 12-14 November.

Untuk Job Fair kali ini akan melibatkan 50 perusahaan dengan lowongan kerja 2.430 lowongan. Sementara Gowa Expo melibatkan 18 Kecamatan se-Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gowa, Salehuddin menyampaikan bahwa tujuan dari job fair hari ini untuk menyebarluasan informasi pasar kerja, baik kepada calon pencari kerja atau perusahaan yang mencari tenaga kerja.

“Jadi kita ini Pemkab Gowa, memberikan perhatian kepada para pencari kerja untuk bisa menekan angka pengangguran di Gowa. Salah satunya dengan diadakannya job fair ini,” tutur Salehuddin.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Andi Sura Suaib mengatakan, kegiatan Gowa Expo yang digelar hari ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan dan kerajinan khas dari 18 kecamatan. Sehingga, acara ini diharapkan dapat mendorong peningkatan produktivitas Industri Kecil Menengah (IKM) di Gowa.

“Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian daerah yang berbasis potensi unggulan dan ekonomi kerakyatan,” tuturnya.

Tak hanya itu, pada kegiatan ini para pelaku usaha akan difasilitasi serta diberi akses kepada lembaga pembiayaan untuk pengembangan usaha sehingga usaha mikro kecil dan menengah dapat berdaya saing tinggi.

“Gowa Expo ini untuk melihat langsung perkembangan salah satu program unggulan Bapak Bupati Gowa yang ada pada Disperdastri yaitu one village one product. Dimana program ini diharapkan setiap kecamatan mampu memacu tiap desa dan kelurahannya menghadilkan produk unggulan yang nantinya dapat menjadi ikon dari masing-masing wilayah yang ada di Gowa,” kata Andi Sura.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, job fair yang diselenggarakan hari ini mampu menekan angka pengangguran dan menyerap tenaga kerja.

“Ini sebagai upaya dalam memberikan kesempatan kerja, kapada pengangguran dan sebagai salah satu langkah efektif yang dapat dilakukan Pemkab dalam penyebaran informasi kerja. Karena seringkali terjadi para pencari kerja kekurangan informasi akan lowongan pekerjaan yang ada ataupun kesenjangan dimana perusahaan pengguna tenaga kerja sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia,” katanya.

Sedangkan kegiatan Gowa Expo ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di kabupaten Gowa.

“Keberhasilan para pelaku usaha dalam mengembangkan usahannya tentu memberikan dampak besar pada terhadap peningkatan perekonomian masyarkat, pendapatan masyarakat, dan lapangan kerja akan terbuka luas,” ujar Abd Rauf.

Penulis: Reni Kamaruddin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga