Tambal Kuota CPNS yang Belum Cukup, KemenPAN-RB Siapkan Dua Opsi

135
Ribuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjalani tes SKD yang menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test) di Gedung RRI, Jalan Riburane, Makassar, Jumat (26/10/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 telah selesai dilaksanakan. Namun, banyak formasi yang belum terisi karena gagal menembus ambang batas dinilai yang dipersyaratkan (Passing Grade).

Untuk menambal kekosongan tersebut, Kemeneterian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (KemenPAN-RB) meniapkan dua opsi. Pertama, dengan menurunkan passing grade. Kedua, dengan pengurutan atau ranking.

“Tidak lama lagi nantinya akan ada sebuah kebijakan baru untuk mengakomodir yang belum lulus SKD,” ujar Deputi SDM Aparatur, KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmadja pada sebuah konfrensi pers, Senin (12/11/2018).

Meski begitu, Setiawan menjamin peserta yang lulus dalam tes SKD sebelumnya tidak akan dirugikan ketika mengikuti tes Seleksi Kemampuan Bidang (SKB). Peserta yang lolos melalui kebijakan baru tersebut tidak akan menggeser peserta yang lolos SKD.

“Kira-kira seperti itu (peserta yang lulus SKD akan bersaing dengan yang lulus SKD dalam SKB),” terang Setiawan.

Sementara peserta yang lulus melalui kebijakan baru akan saling bersaing untuk mengisi formasi yang kosong. Namun, bila nantinya pengisian formasi tersebut tidak terpenuhi juga, maka Setiawan memastikan, akan dibiarkan kosong.

Pembuatan kebijakan ini akan menunggu seluruh data CPNS selesai dihitung. KemenPAN-RB bersama Panselnas akan mempercepat keluarnya aturan tersebut.

“Aturan dikeluarkan tidak akan sampai bulan Desember 2018,” jelas Setiawan.

Saat ini, data yang masuk di Panselnas masih sebesar 60 persn. Dari data tersebut, tingkat kelulusan di daerah masih di bawah 10%, sementara di pusat dalam kisaran 10%.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Judas Amir Hadiri Paripurna Pokok-pokok Pikiran DPRD Palopo

SULSELSATU.com - Wali Kota Palopo, Judas Amir menghadiri rapat...

UNBK di Jeneponto, 4 Siswa Tak Ikut Karena Sudah Menikah

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pelaksanaan Ujian Nasioanal Berbasis Komputer atau...

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Makassar Gelar Workshop

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Air Sedunia, PDAM Kota...

Baca Juga