Banyak Peserta Tak Lolos SKD CPNS, Apa Sikap Pemkot Makassar?

111
  • 3
    Shares
Ribuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjalani tes SKD yang menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test) di Gedung RRI, Jalan Riburane, Makassar, Jumat (26/10/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kota Makassar tak sesuai harapan.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar mengatakan, dari 11.529 peserta yang ikut tes SKD, hanya sekitar 200 peserta yang memenuhi passing grade.

Artinya, hanya 50 persen yang akan mengisi 481 kuota CPNS yang disiapkan oleh pemerintah kota.

“Hanya 50 persen atau dua ratus lebih yang melampui passing grade dari formasi yang ada dan yang lulus tes SKD ini tidak merata. Mungkin saja ada formasi yang tidak terpenuhi, ini hanya akulumasi keseluruhan saja,” kata Basri, Selasa (13/11/2018).

Basri mengatakan, pihaknya masih menunggu kebijakan dari Badan Kepegawaian Negara dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi untuk solusi dari kuota yang tersisa.

“Solusinya saya sudah baca komentar Menpan, beliau akan mengambil kebijakan setelah semua selesai ujian. Namun sampai saat ini belum ada karena nanti 16 November mendatang baru selesai tes, ada pasti solusi dari Kemenpan,” ujarnya.

Menurut Basri, pemerintah kota saat ini mengalami kekurangan pegawai negeri sipil yang berkualitas. Untuk itu, pihaknya berharap Kemenpan segera mengeluarkan kebijakan untuk memenuhi kuota cpns yang lowong.

“Tes SKB yang lulus tes SKD dan melampui passing grade dan ini semuanya dilalui untuk jadwal pada pekan ke empat November kecuali ada pergeseran ada di BKN,” ucap Basri.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga