Jelang Pileg, KPU Harap Pemerintah Lebih Koperatif

11
Komisioner KPU Sulsel Uslimin. (Sulselsatu/Asrul)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisioner Data dan Program KPU Sulsel, Uslimin berharap, pemerintah bisa lebih bekerja sama untuk menyukseskan perhelatan pemilu legislatif 2019 mendatang.

Caranya yaitu melalui peran aktif pemerintah untuk menggalakkan perekaman KTP elektronik atau E-KTP. Pasalnya, saat ini masih banyak masyarakat, khususnya di Sulsel, yang tidak menggaggap penting E-KTP. Padahal indikator kesuksesan pemilu dapat dilihat dari partisipasi masyarakatnya.

“Kami berharap pemerintah, yakni Disdukcapil, bisa lebih koperatif. Di tingkat provinsi bagus cuma di beberapa kabupaten, mereka itu berpegang pada edaran sebelumnya dalam rakor dukcapil se Indonesia di Semarang,” kata Uslimin, Selasa, (13/11/2018).

Uslimin menjelaskan, kebijakan yang dipegang Disdukcapil di beberapa kabupaten adalah adanya kebijakan dari Dirjen Dukcapil yang melarang membagi data kependudukan ke pihak manapun.

“Kami menyatakan KPU bukan pihak sembarangan. Kami adalah lembaga negara juga. Jadi, harusnya kan bukan itu yang dimaksud dalam surat edaran,” katanya.

Dia menyebut, ada 13 kabupaten kota yang menganggap KPU meminta surat keterangan pengganti E-KTP. Padahal, lanjutnya, KPU hanya meminta surat tanda bukti telah melakukan perekaman.

Uslimin mengatakan pihaknya sangat berharap agar masalah ini segera dituntaskan. Dengan demikian, warga yang telah melakukan perekaman E-KTP dapat segera dimasukan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Perekaman itu kan tugasnya Disducapil. Sementara data yang masuk ke kami, itulag yang pasti kami masukkan ke DPT. Kalau misalnya di tingkat kecamatan sudah selesai dan baru diserahkan ke kabupaten, kami akomodir di kabupaten,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga