Pemkot Merugi Rp1 Miliar Akibat Pembangunan Tol Layang Pettarani

27
  • 2
    Shares

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyebut pembangunan jalan tol AP Pettarani turut mempengaruhi jumlah pendapatan daerah dari sektor reklame di Makassar.

Apalagi, iklan-iklan yang nilainya besar, kata dia, berada di Jalan AP Pettarani.

“Pendapatan daerah banyak terpengaruh akibat dinamika pembangunan. Misalnya, pembangunan jalan tol di Pettarani menghapus semua iklan yang ada di Pettarani. (PAD) Itu menurun, iklan-iklan besar semua ada di Pettarani,” kata Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, Selasa (13/11/2018).

Sebelumnya, Kepala Sub Bidang Reklame, Adyanto Said mengatakan, jumlah papan reklame yang ada di sepanjang Jalan AP Pettarani sebanyak 12 unit.

Potensi kehilangan satu unit papan reklame di Jalan AP Pettarani, kata dia, sebesar Rp100 juta.

“Satu reklame itu rata-rata retribusi pajaknya sebesar Rp100 juta jadi secara keseluruhan kami potensi kehilangan retribusi sebesar Rp1 miliar,” ujar Adyanto.

Salah satu upaya untuk menambal kehilangan pajak reklame akibat pembangunan tol adalah memindahkan posisi reklame dari yang tadinya di tengah jalan dialihkan ke pinggir jalan.

“Kita akan berkoordinasi dengan balai jalan, supaya kita tidak kehilangan potensi pajak reklame. Kalau bisa dipindahkan saja di samping karena ini yang di tengah kena,” ucap Adiyanto.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga