Ini RUU Prioritas yang Diusulkan DPD pada Prolegnas 2019

16
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mulai menatap tahun 2019. Ada enam rancangan undang-undang (RUU) prioritas yang diusulkan pada Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

RUU Prolegnas prioritas tersebut masing-masing RUU Pengelolaan Kawasan Daerah Perbatasan, RUU Kegeologian, RUU Perlindungan Varietas Tanaman.

Kemudian, RUU Bahasa Daerah, RUU Pengurusan Piutang Negara dan Piutang Daerah, RUU Perubahan atas UU 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Wakil Ketua DPD, Nono Sampono mengingatkan, alat kelengkapan DPD dan anggota untuk fokus menyelesaikan tugas dan kewenangan DPD, terutama prolegnas masa sidang tahun 2018-2019.

“Saya sampaikan masa sidang tahun 2018-2019 ini sangat singkat. Akan tetapi semua alat kelengkapan harus mampu menyelesaikan semua agenda yang ada sesuai dengan tugas dan kewenangan terutama dalam bidang legislasi,” ujar Nono, seperti dilansir RMOL di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (12/11/2018).

Menurut Nono, semua alat kelengkapan DPD dapat menggunakan waktu secara efektif dan efisien dalam mengusulkan enam RUU prioritas tersebut.

“Semua alat kelengkapan DPD juga harus dapat menyusun setiap agenda yang sesuai untuk dapat menyelesaikan tugas dan kewenangan yang sudah disusun,” jelasnya.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga