Piala AFF 2018: Timnas Indonesia Hajar Timor Leste 3-1

16

SULSELSATU.com – Timnas Indonesia sukses meraih tiga poin setelah menghantam Timor Leste 3-1 di laga kedua Grup B Piala AFF 2018. Kemenangan tersebut membuka peluang bagi timnas Indonesia untuk lolos ke babak berikutnya.

Pada laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (13/11/2018), Indonesia menang berkat gol Alfath Fathier, Stefano Lilipaly dan Beto Goncalves. Sedangkan satu gol Timor Leste dicetak oleh Rufino Walter Gama.

Dengan hasil tersebut Timnas Indonesia naik ke posisi kedua klasemen Grup B dengan tiga poin dari dua laganya. Sementara Timor Leste berada di posisi buncit klasemen setelah belum meraih poin.

Timor Leste lebih dulu menekan pertahanan Indonesia. Bahkan serangan yang dilakukan tim Bumi Lorosae ini cukup membahayakan namun sundulan Gumario Augusto Da Silva masih berada di atas gawang Andritany Ardhiyasa di menit ke-4.

Indonesia mencoba lepas dari tekanan dan menekan pertahanan Timur Leste lewat umpan Beto namun terlalu tinggi. Pada menit ke-12, M. Hargianto mencoba mengancam lewat tendangan bebasnya namun bola masih berada tipis di atas gawang.

Tekanan masih terus coba dibangun oleh skuat besutan Bima Sakti. Andik Vermansah dan Gavin Kwan Adsit mencoba membuka serangan namun masih dapat dihentikan oleh pemain belakang Timor Leste.

Pada menit ke-20, Hansamu Yama Pranata gagal memanfaatkan sepak pojok Febri Hariyadi setelah sundulannya kurang sempurna sehingga masih berada di samping gawang Timor Leste yang dikawal Fagio Pereira.

Serangan masih coba dilakukan oleh skuat Garuda. Tiga menit berselang Andik melakukan tekanan dari sisi kanan dan melewati pemain lawan, namun umpannnya masih dapat dihalau bek Timor Leste.

Tekanan masih dilakukan oleh Indonesia lewat Evans Dimas. Namun peluangnya di menit ke-34 masih melenceng dari target, sedangkan sundulannya masih dapat ditepis ke samping gawang.

Sementara tendangan kaki kanan Febri dari luar kotak penalti masih berada tipis di samping gawang lawan. Pada menit ke-43, sempat terjadi kemelut di depan gawang Timor Leste, tendangan Hansamu masih membentur tiang gawang.

Tekanan masih terus dilakukan oleh para pemain Indonesia ke pertahanan Timor Leste. Namun hingga turun minum belum ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Indonesia lebih dulu menekan di awal babak pertama lewat Beto. Namun Timor Leste secara mengejutkan mampu memimpin lebih dulu 1-0 lewat tendangan keras Rufino Walter Gama dari luar kotak penalti di menit ke-48.

Tertinggal, Indonesia mencoba meningkatkan tekanannnya Indonesia namun tembakan Beto masih melenceng dari target di menit ke-52. Pelatih Bima Sakti pun memasukan Riko Simanjuntak menggantikan Febri Haryadi guna menambah serangan.

Di menit ke-58, Evan Dimas membuang kesempatan setelah tendangannya masih melambung dari depan gawang setelah mendapatkan umpan dari Riko Simanjuntak. Evan tampak kecewa dengan kegagalannya tersebut.

Indonesia kembali menekan kali ini lewat Andik dari sayap kiri. Umpan Andik diselesaikan dengan baik oleh Alfath Fathier lewat sepakannya yang tak mampu dibendung kiper Fagio Pereira di menit ke-60. Skor pun menjadi 1-1

Tiga menit berselang Bima Sakti menarik Septian David Maulana dan menggantikannya dengan Stefano Lilipaly. Ancaman masih terus dilakukan oleh skuat Garuda ke pertahanan Timor Leste.

Di menit ke-68, Timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Andik dijatuhkan oleh Gumario. Stefano Lilipaly sebagai eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dan memastikan Timnas Indonesia balik memimpin 2-1.

Tekanan masih terus dilakukan oleh Indonesia ke pertahanan Timor Leste. Pada menit ke-81, Alfath Fathier kembali memiliki peluang untuk mencetak gol keduanya namun tembakannya masih melebar

Satu menit berselang, Timnas Indonesia akhirnya unggul berhasil 3-1 lewat gol cantik Beto lewat sundulannya setelah menyambut crossing dari Riko Simanjuntak.

Timor Leste juga punya peluang namun dapat diamankan kiper Andritany, sementara ancaman Armindo de Almeida masih melenceng dari target. Hingga wasit meniupkan peluit panjang skor masih tetap 3-1 bagi kemenangan timnas Indonesia.

Susunan Pemain :

Timnas Indonesia : Andritany Ardhiyasa; Gavin Kwan Adsit, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama Pranata (C), Alfath Faathier; Evan Dimas, Muhammad Hargianto; Andik Vermansah (Bayu Pradana 89), Septian David Maulana (Stefano Lilipaly 63), Febri Hariyadi (Riko Simanjuntak 56); Beto Goncalves.

Timor Leste: Fagio Pereira; Gumario Augusto Da Silva, Jose Guterres Silva, Adelino Trindade Manek De Oliveira; Armindo Correira De Almeida, Filomeno Junior Da Costa, Feliciano Pinheiro Goncalves, Mataniel De Jesus reis (C) (Jose Dos Santos Almeida 74), ; Rufino Walter Gama, Joao Pedro Da Silva Freitas, Henrique Wilson Da Cruz Martins (Romanos Cristovao Savio 71)

Rekomendasi Berita

Baca Juga