KPU Sulsel Berharap Partisipasi Pemilih Tinggi pada Pemilu 2019

28
Ketua KPU Sulsel Iqbal Latif (Sulselsatu/Niaz Shariif)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua KPU Sulsel Iqbal Latif berharap tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang tinggi, hal itu menjadi salah satu ukuran kesuksesan penyelanggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Hal itu disampaikan saat dirinya menjadi pembicara dalam diskusi publik yang digelar di kafe Red Corner, Jalan Yusuf Dg Ngawing, Senin, (12/11/2018).

“Misalnya sebuah pesta dikatakan sukses saat banyak tamu yang datang. Sama halnya dengan pemilu. Semakin tinggi partisipasi masyarakat, maka semakin tinggi pula indikator kesuksesan,” kata Iqbal.

Diketahui, berdasarkan data dari Disdukcapil Sulsel hingga Oktober 2018, masih ada 665.947 jiwa warga Sulsel yang ternyata belum melakukan perekaman E-KTP.

Untuk menuntaskan masalah ini, Iqbal menekankan kepada pemerintah dalam hal ini Disdukcapil, agat proaktif membantu KPU dalam menyelesaikan masalah administrasi kependudukan 600 ribu jiwa lebih ini. Sebab, kata dia, masih banyak masyarakat yang menganggap perekaman E-KTP tidak penting.

“Seluruh pihak, penyelenggara dan masyarakat memang perlu berpartisipasi. Termasuk media massa mendorong supaya masyarakat yang dulu budayanya tidak merekam E-KTP kini berbondong-bondong merekam e KTP,” katanya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga