Program TMMD di Gowa Tuntas 100 Persen

19
  • 1
    Share

SULSELSATU.com, GOWA – Program TNI Manunggal Membangun Desa ke 103 akhirnya selesai dengan capaian 100 persen. Hal itu diungkapkan Dandim 1409 Gowa, Nur Subekhi saat membacakan laporan penutupan pelaksanaan TMMD, di Lapangan Mappakasunggu Malakaji Kecamatan Tompobulu, Selasa (13/11/2018).

Ia mengatakan selama pelaksanaan program tersebut dari 15 Oktober hingga hari ini penutupan, pihaknya berhasil menyelesaikan program fisik maupun nonfisik.

“Baik fisik maupun non fisik selesai dengan 100 persen yaitu pembuatan saluran irigasi, pembuatan jalan beton, pemasangan paving blok, pembuatan rumah pompa, penyuluhan radikalisasi, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum, dan pelestarian hutan lindung, semua selesai dalam waktu sebulan yang tersebar di empat kecamatan,” jelasnya.

Tak hanya itu, dirinya juga membeberkan adanya capaian tambahan seperti pembagian sembako gratis kepada, pengobatan massal, pemasangan gorong gorong, dan pembersihan akses jalan.

“Semua ini juga berkat dukungan pemkab Gowa dan masyarakat yang turun langsung membantu, dari APBD Gowa sendiri ada bantuan anggaran Rp 1.527.311.000,” beber Nur Subekhi.

Di tempat yang sama, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengaku sangat bersyukur dengan capaian ini. Pasalnya, ia merasa TNI Manunggal membantunya dalam memajukan Kabupaten Gowa.

Adnan mengatakan, pembangunan wilayah desa merupakan realisasi kebijakan yang ingin mewujudkan kestabilan dan kemajuan Kabupaten Gowa secara keseluruhan.

“Melalui pembangunan ini yang dibantu oleh TNI Manunggal, potensi di pedesaan kita kembangkan supaya mencapai pemerataan, pertumbuhan serta kemandirian desa secara berkelanjutan,” kata orang nomor satu di Gowa itu.

Menurut Adnan, Pemkab Gowa selalu memberikan ruang terhadap program TNI apalagi dalam membantu pembangunan di Kabupaten Gowa.

“Keberhasilan yang diraih oleh Kabupaten Gowa hingga saat ini tidak lepas dari bantuan TNI, terutama dalam membantu menjaga keamanan di Kabupatem Gowa,” katanya di hadapan peserta upacara.

Tak hanya itu, Adnan tak lupa mengungkapkan rasa terimakasih kepada TNI Polri beserta jajarannya dengan harapan TMMD tak berhenti sampai disini, namun tetap bisa dilaksanakan di tahun-tahun menadatang.

Sementara itu, Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Budi Sulistijono, yang menjadi inspektur upacara mengatakan TMMD ini mensasar 50 Desa di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Di akhir kegiatan Kasdam dan Adnan beserta rombongan menyerahkan sembako dan mengecek pemeriksaan kesehatan gratis serta bazar murah, dan meninjau beberapa lokasi pembangunan yang disasar oleh TMMD ini.

Turut hadir, Kasrem 141 Toddopuli, Kapolres Kabupaten Gowa, Kajari Gowa dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Penulis: Reni Kamaruddin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga