Swedia Tawari Makassar Kerja Sama Pengelolaan Sampah

16
Kasubag Kepala Sub Bagian Kerja Sama Daerah/Antar Lembaga Setda Kota Makassar, Najiran Syamsuddin. (Sulselsatu/Mawar A. Pasakai)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Salah satu program Pemkot Makassar yakni mengolah sampah menjadi energi menarik minat beberapa investor luar negeri.

Kasubag Kerja Sama Antar Daerah/Lembaga Setda Kota Makassar, Najiran Syamsuddin menyebut, salah satu negara yang tertarik dalam pengolahan sampah menjadi wate to energy adalah Swedia.

Beberapa waktu lalu pihak kamar dagang Swedia membawa beberapa peneliti untuk melakukan diskusi dengan wali kota terkait pengolahan sampah yang tepat di Makassar.

“Mereka menawarkan investasi di Makassar, rencananya kerja sama terkait dengan pengolahan sampah menjadi energi listrik, bagusnya sebelum menawarkan proposal, mereka melakukan sharing terlebih dahulu, apa yang menjadi kebutuhan Makassar sesuai dengan visi-misi pemerintahan saat ini,” kata Najiran.

Meski peluang kerja sama terbuka lebar, Pemkot Makassar tidak serta merta melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama. Kerja sama Swedia-Makassar kata Najiran, harus mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri sebelum Swesia memulai investasi di Makassar.

“Setelah mendapat persetujuan dari Kemendagri baru kerja sama kita jalankan. Tapi saya lihat dari beberapa negara yang telah menawarkan kerja sama mengenai waste to energy seperti Korea, Spanyol, Denmark dan Australia, cara yang dilakukan Swedia kami anggap tepat untuk pengolahan sampah menjadi energi.”

“Makassar ini sangat strategis untuk investasi karena berada di pusat Indonesia Timur, tapi untuk menanamkan uangnya di Makassar banyak prosedur yang harus dilalui, harus ada persetujuan pemerintah pusat,” ucap Najiran.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga