1,7 Juta Peserta SKD, Baru 128 Ribu yang Tembus Passing Grade

36
Ribuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjalani tes SKD yang menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test) di Gedung RRI, Jalan Riburane, Makassar, Jumat (26/10/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, JAKARTA – 1,7 juta pelamar CPNS 2018 telah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) per 12 November. Dari 1,7 juta, baru 128 ribu yang menembus passing grade alias ambang batas.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin mengatakan, hingga saat ini, baru 60 persen peserta CPNS yang mengikuti tes SKD. Sementara persentase jumlah peserta yang memenuhi passing grade yang ditentukan cuma di delapan persen atau sekitar 128 ribu orang.

Baca juga: Banyak Peserta Tak Lolos SKD CPNS, Apa Sikap Pemkot Makassar?

“Kira-kira delapan persen-an karena jumlahnya 128 ribu dari 1,7 juta lebih (yang tes SKD). Jadi 128 ribu yang lolos target (passing grade), bukan tes,” ujar Syafruddin seperti dilansir Detik, Selasa (13/11/2018).

Baca juga: Tambal Kuota CPNS yang Belum Cukup, KemenPAN-RB Siapkan Dua Opsi

Syafruddin sendiri tak mau menyebut kalau mereka yang tak lulus passing grade sama dengan tak lulus tes CPNS. Artinya, ada kemungkinan bagi peserta yang tak memenuhi target atau nilai passing grade namun tetap dinyatakan lulus tes SKD.

“Di dalam perjalannya nggak sampai 10 persen yang memenuhi target, istilah saya bukan lolos atau lulus (tes), tetapi tidak memenuhi target passing grade 295 score-nya. Jadi yang memenuhi itu kurang dari 10 persen” jelasnya.

Seiring dengan pelaksanaan tes SKD yang masih dilakukan, Syafruddin mengatakan, pemerintah juga akan mengevaluasi proses tersebut agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

“Oleh karena itu sambil berjalan peraturan tetap masih, akan berjalan terus dan akan ada namanya evaluasi berjalan. Karena ini tidak ada yang salah mengikuti UU dan aturan pemerintah,” tuturnya.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga