Dishub Turunkan 1 Pleton Personel Pengurai Kemacetan

Kemacetan yang terjadi di sejumlah ruas jalan akibat pemadaman listrik. (Sulselsatu/Mawar A. Pasakai)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Perhubungan Kota Makassar menurunkan 1 pleton personel untuk mengurai kemacetan di beberapa ruas jalan protokol akibat pemadaman lampu serentak yang dilakukan oleh PLN Sulselrabar.

Lantaran keterbatasan personel, Humas Dishub Kota Makassar Azis Sila mengatakan, Dishub akan menggunakan sistem loncat, dimana personel akan berpindah dari satu titik macet ke titik lainnya.

“Kita pakai sistem lompat, kalau sudah terurai di satu tempat maka personel kita juga akan pindah ke tempat yang macet lagi untuk mengurai dan begitu seterusnya. Tetapi yang kita fokuskan itu di Jalan Haji Bau, Pettarani dan Alauddin, dan Urip Sumoharjo, karena di sana paling parah macet,” katanya, Jumat (16/11/2018).

Selain itu, Dishub telah memasang pembatas jalan pada traffic light agar masyarakat tidak saling menerobos.

“Salah satu upaya kita adalah dengan merekayasa lalu lintas dengan mengerahkan barrier (pembatas jalan). Karena tidak berfungsinya traffic light masyarakat juga semua langsung saja tanpa ada yang mau mengalah, jadi kita pasangkan barrier,” ucap Azis.

Seperti diketahui, sejumlah titik di jalan protokol seperti Jalan AP Pettarani, Jalan Haji Bau, Jalan Sultan Alauddin dan Urip Sumiharjo mengalami kemacetan parah akibat traffic light di area tersebut tidak berfungsi.

Kondisi ini diakibatkan oleh pemadaman listrik yang terjadi sejak Kamis (15/11/2018).

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan