Erwin Akib Minta Alumni FKIP Unismuh Ikut Ciptakan Lapangan Kerja

SULSELSATU.com, MAKASSAR –  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar acara ramah tamah alumni di Hotel Four Points by Sheraton, Jumat (16/11/2018) malam.

Sebanyak 887 alumni yang hadir dalam ramah tamah ini, berasal dari beberapa prodi di FKIP Unismuh. Di antaranya, PGSD, PAUD, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, PPKn.

Pada kesempatan itu, Dekan FKIP Erwin Akib, mengingatkan kepada seluruh alumni untuk tidak fokus mencari pekerjaan saja, tapi juga menciptakan lapangan kerja.

“Kita selalu tekankan kepada alumni, jangan terlalu fokus untuk cari kerja. Tetapi gunakan pola pikir kreatif untuk ciptakan lapangan kerja,” katanya dalam acara ramah tamah

Menurut Erwin, alumni FKIP tidak mesti menjadi guru. Misalnya saja, lulusan dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, mereka bisa membuka tempat kursus atau menjadi seorang tour guide.

“Ini penting. Penciptaan lapangan kerja sebuah keharusan untuk era sekarang. Makanya, saya juga selalu tekankan, agar seluruh mahasiswa, termasuk dari Prodi lain, agar minimal menguasai satu bahasa asing. Ini adalah modal mereka bersaing hingga tingkat Internasional,” paparnya.

Dalam ramah tamah kali ini, pihaknya memberikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), kepada lulusan yang berprestasi. SKPI sendiri berisi pencapaian akademik dan capaian pembelajaran, serta kualifikasi lulusan pendidikan tinggi. Selain itu pihaknya juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi.

“Kita berikan (SKPI) untuk beberapa alumni berprestasi, baik prestasi tingkat lokal, nasional maupun internasional,” kata Erwin.

Penulis: Abdul Kadir Jaelani
Editor: Awang Darmawan