iklan Kareba Parlementa

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diperingati pada tanggal 12 Rabi’ul Awal yang merupakan hari lahir sang Nabi terakhir setiap tahunnya.

Hari ini, sekitar 1.400 tahun lalu, sosok bayi yang mulia lahir ke dunia. Sang Ayah, Abdullah bin Abdul Muthalib, menamai putra yang dilahirkan sang istri, Aminah, itu Muhammad.

Lahirnya bayi yang kemudian menjadi Nabi ini merupakan momentum yang disambut penuh keceriaan oleh umat Islam sedunia. Mereka pun memperingatan hari Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara masing-masing.

Umat Islam sempat bingung mengenai hukum memperingati hari lahirnya Nabi. Penyebabnya, Rasulullah sendiri maupun para sahabat tidak pernah mencontohkan peringatan ini.

Ditambah lagi, awal mula dilaksanakannya peringatan ini untuk pertama kalinya juga masih simpang siur. Bahkan ada banyak versi mengenai peringatan ini.

Naskah tertua mengenai peringatan Maulid Nabi adalah karya Jamaluddin Ibn Al Ma’mun, putra Al Ma’mun Ibn Bata’ihi, yang pernah menduduki posisi Perdana Menteri pada Dinasti Fatimiyah.

Karya tersebut dikutip oleh Al Maqrizi dalam kitabnya, Mawa’iz Al I’tibar fi Khitat Misr Wa Al Amsar. Tetapi, catatan Al Maqrizi menyebut peringatan Maulid Nabi diselenggarakan pada tanggal 13 Rabiul Awal.

Saat itu, khalifah Dinasti Fatimiyah menggelar peringatan Maulid Nabi dengan membagikan 6.000 dirham, 40 piring kue, gula-gula, caramel, madu, dan minyak wijen. Tidak ketinggalan 400 liter manisan dan 100 liter roti.

Peringatan itu kemudian selalu digelar pada tanggal 12 atau 13 Rabi’ul Awal oleh pemerintah. Biasanya diisi ceramah, pembacaan ayat suci Alquran, serta pemberian hadiah.

Saat Dinasti Fatimiyah runtuh oleh gempuran Shalahuddin Al Ayyubi, tokoh utama Dinasti Ayyubiyah yang beraliran Sunni, tetap mengadakan peringatan Maulid.

Peringatan ini dianggap sebagai wadah paling efektif dalam menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW dan Islam. Selain itu juga membangkitkan semangat jihad pasukan Islam.

Catatan lain menyebut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga digelar pada masa Dinasti Ayyubiyah di abad 10 Masehi. Tujuannya untuk memicu semangat mencontoh pribadi Nabi.

Kala itu, kondisi umat sedang terpuruk lantaran gempuran Pasukan Salib. Semangat tempur pasukan Islam pun melemah.

Shalahuddin sebagai sultan sekaligus panglima perang menggembleng kembali semangat Pasukan Islam untuk bertempur melawan Pasukan Salib. Saat itulah Maulid Nabi dianggap sebagai tonggak kebangkitan umat Islam kala itu.

Hingga saat ini, peringatan Maulid Nabi tetap digelar di sejumlah negara. Bahkan di Irak dan Mesir, peringatan ini digelar dengan sangat meriah dalam bentuk festival.

Umat Islam di Indonesia sendiri hingga saat ini terus menggelar perayaan Maulid Nabi. Ini karena Maulid Nabi adalah momentum untuk terus meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW, Nabi Akhir Zaman.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad…

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

OPINI: Tulisan Arif Saleh Tentang Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, WAJO - Banyak cara dilakukan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Salah satunya, memaknai lewat catatan atau tulisan. Seperti...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Tumbuhkan Benih Kebaikan, IDP Imbau Warga Lutra Perbanyak Silaturahmi

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) menghadiri...

Artikel Lainnya

Operasi Sikat Lipu, Polres Pelabuhan Tangkap 28 Pelaku Narkoba

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Polres Pelabuhan Makassar merilis hasil Operasi Sikat Sikat...

Pemkab Gowa Bantu Revitalisasi Makam Sultan Hasanuddin Rp2,5 Miliar

SULSELSATU.com, GOWA - Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan...

Polda Sulsel Bakal Kirim Bantuan ke Palu Lewat Jalur Darat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Polda Sulsel kini tengah mempersiapkan bantuan untuk daerah...

Puluhan Warga Demo di Kantor Walikota Parepare, Ini Tuntutannya

SULSELSATU.com, PAREPARE - Puluhan warga kembali melakukan unjuk rasa di kantor...

Menpora Imam Nahrawi Mengundurkan Diri

SULSELSATU.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memutuskan...

Terkini

Chaidir Syam-Suhartina Tampil Memukau di Debat Publik

SULSELSATU.com, MAROS — Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maros nomor...

VIDEO: Seorang Wanita Alami Pelecehan Seksual di Toilet SPBU Ciracas

SULSELSATU.com - Seorang wanita mendapatkan perlakuan senonoh dari penjaga toilet di...

VIDEO: Tawuran Antar Kelompok di Jalan Urip Sumoharjo Makassar

SULSELSATU.com - Tawuran antar kelompok di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar,...

La Tinro La Tunrung Ajak Warga Jalan Kijang Dukung ADAMA

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota DPR RI dari fraksi Gerindra, Ir H...

Bersama Fatma, Pedagang di Pantai Losari Semangat Menangkan ADAMA’

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah pedagang di Pantai Losari begitu antusias menyambut...