Pj Sekprov Apresiasi Sosialisasi Pergub Sewa BMD yang Digelar Biro Aset Sulsel

Sosialisasi Pergub Nomor 128 Tahun 2018 tentang Sewa Barang Milik Daerah yang digelar Biro Pengelola Barang dan Aset Daerah Sulsel, Kamis (29/11/2018). (Sulselsatu/Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Sekprov Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengapreasiasi sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 128 Tahun 2018 tentang Sewa Barang Milik Daerah yang digelar Biro Pengelola Barang dan Aset Daerah, Kamis (29/11/2018).

“Pertama dulu, kita sampaikan bahwa kita mengapresiasi ini, dan atas nama gubernur atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kita sampaikan ucapan terima kasih kepada Biro Aset karena telah menyelenggarakan ini,” ujar Ashari.

Ashari mengatakan, Pergub Nomor 128 Tahun 2018 tentang Sewa Barang Milik Daerah merupakan langkah strategis Pemprov Sulsel dalam rangka menyempurnakan pengelolaan barang milik daerah.

Itu akan mendukung terwujudnya good goverment (pemerintahan yang baik) dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pergub ini harus dilaksanakan, sebab persoalan aset adalah persoalan krusial jika tidak ditangani dengan baik.

“Pemprov Sulsel saat ini mengandeng KPK dan BPKP untuk pengelolaan aset. Hal ini dilakukan agar sesuai prosedur, dan diketahui yang mana aset yang disewakan dan tidak,” terang dia.

Data yang diperoleh dari Biro Aset Setda Sulsel, jumlah aset Pemprov Sulsel, baik yang berada di Sulsel atau di luar Sulsel saat ini senilai Rp15 triliun rupiah. Karena pada saat pencatatan masih menggunakan perhitungan lama.

“Apabila terjadi perhitungan baru, nilai aset akan melonjak drastis,” pungkas putra mantan bupati Jeneponto (alm) Radjamilo ini.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya