Caleg Dilarang Pasang APK di Kendaraan Umum

Ilustrasi. (Int)
images-ads-post

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon anggota legislatif dilarang memasang Alat Peraga Kampanye (APK) pada kendaraan umum atau petepete.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar, Nursari mengaku, telah melayangkan surat kepada pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar sebagai upaya penertiban APK berupa stiker dan branding di petepete.

“Soal branding ini kan, bukan hanya melanggar ketentuan pemilu, tapi juga melanggr UU lalulintas. Nah, soal sanksinya itulah yang menjadi domain Dishub,” kata Nursari saat dihubungi Sulselsatu, Senin (3/12/2018).

Diharapkan pihak Dishub bisa segera mengambil langkah konkrit untuk membersihkan petepete dari APK caleg maupun partai politik.

Terkait dengan masih maraknya caleg atau parpol yang memasang APK di angkutan umum, Nursari mengaku tidak ada lagi alasan bagi caleg maupun parpol untuk tidak mengetahui soal peraturan ini.

“Normatifnya, setelah d UU-kan sebuah peraturan maka semua dianggap tahu peraturan tersebut. Yang selanjutnya semua parpol kan diundang hadir dalam rakor-rakor tentang APK,” tandasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya