Ekonomi Global Tak Stabil, Rupiah Naik Turun

26
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nilai tukar rupiah terus menguat hingga mencapai posisi Rp14,293 per dollar AS pada Minggu pertama Desember 2018.

Bank Indonesia (BI) Sulsel menyebutkan tantangan nilai tukar masih saja pada perekonomian global yang tidak menentu.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, tantangan menghadapi nilai tukar ini adalah karena perekonomian global yang tidak menentu. Namun, akhir-akhir ini rupiah terus menguat.

“Menghadapi tantangan kondisi global yang masih saja tidak stabil, kedepannya BI akan perkuat fundamental dan transaksi berjalan. BI terus mencari celah seperti ekspor dan pariwisata,” kata Bambang, Rabu (5/12/2018).

Demi perkuat ekspor, langkah-langkah yang dilakukan adalah mendorong produktifitas komoditas unggulan. Ada komoditas yang akan terus dilakukan seperti kakao.

Selain itu, dari sektor pariwisata, BI terus kembangkan destinasi di Sulsel serta bersinergi dengan sektor lainnya. Pariwisata Sulsel yang dikembangkan oleh BI Sulsel adalah Rammang-Rammang, Selayar, wisata bahari dan juga destinasi sekitar Makassar.

“Destinasi sekitar Makassar juga akan terus dikembangkan. Hal ini untuk mensiasati wisatawan yang tidak memiliki banyak waktu untuk bersantai, destinasi sasarannya seperti Bantimurung dan Rammang-Rammang,” kata dia.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sematkan Rompi Linmas dan ID Card Pemantau TPS, Ini Pesan Taufan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe,...

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Apel Masa Tenang Pemilu Bersama TNI-Polri

SULSELSATU.com, SINJAI - TNI Polri Kabupaten Sinjai menggelar apel...

197 CPNS di Parepare Terima SK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekitar 197 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Baca Juga