DPT Daerah Terdampak Bencana Alam di Sulteng Ditetapkan Januari Tahun Depan

Kompleks perumahan Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah pasca diguncang gempa dan likuifaksi, Ahad (14/10/2018). (Sulselsatu/Dedi)

SULSELSATU.com, JAKARTA – KPU RI memperkirakan pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah terdampak bencana alam di Sulteng akan ditetapkan pada Januari tahun depan.

“3 kabupaten/kota memang meminta pada kita untuk baru bisa dilakukan pemutakhiran Januari, Kota Palu, Donggala, sama Sigi, kalau enggak salah. Mereka minta pada kita kemungkinan baru Januari bisa,” kata Arief di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti diansir Kumparan, Kamis (6/12/2018).

Arief mengatakan, alasan dari penundaan pemutakhiran data tersebut karena masih menunggu situasi di daerah tersebut normal kembali. Karena tiga daerah tersebut masih mengalami kendala dalam persoalan administrasi.

“Mereka menunggu situasi tenang dulu. Mereka menunggu kegiatan administrasi di wilayah administrasi normal,” jelasnya

Sementara, untuk daerah yang terkena bencana lainnya seperti Lombok tidak akan ditunda lagi, karena sudah bisa melakukan proses pemutakhiran data

“Enggak, Lombok bisa dilakukan proses pemutakhiran,” kata dia.

DPT Hasil Penyempurnaan (DPT-HP) Pemilu 2019 akan ditetapkan pada tanggal 15 Desember nanti. Saat ini KPU tengah melakukan sejumlah persiapan seperti pemutakhiran data.

“Kalau sekarang kan sudah jalan 6 semua sudah. Sekarang masih ditingkat kabupaten/ kota. Nanti kabupaten/kota kalau enggak salah tanggal 10, terus tanggal 12 di provinsi, terus tanggal 14 mungkin di Jakarta dan tanggal 15 kita akan rapat pleno terbuka,” pungkasnya.

Editor: Hendra Wijaya