Target Piala Adipura 2019, DLH Jeneponto Butuh Tambahan Armada Pengangkut Sampah

49
Rapat koordinasi untuk piala adipura. (ist)

SULSELSATU.com,JENEPONTO – Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah stakeholder terkait target piala adipura tahun depan.

Rapat yang digelar di aula Kantor Bupati Jeneponto, Kamis (6/12/2018) dihadiri Sekretaris Kabupaten Jeneponto Syafruddin Nurdin.

“Jadi hari ini kita gelar rapat koordinasi untuk adipura dan insya Allah kita optimis meraih adipura 2019 mendatang,” ujar Syafruddin.

Menurutnya, ada beberapa progres yang sudah masuk akhir penilaian dan itu dianggap akan mampu mewujudkan Jeneponto untuk raih adipura.

“Kita lihat progresnya dan itu sudah dilakukan penilaian untuk tahap P1 dan P2 dan semoga Jeneponto raih adipura,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto, Suardi mengatakan, saat ini semua OPD berkonsentrasi untuk mempercantik titik yang sudah diberikan kewenangan.

“Tidak hanya itu, untuk mendapatkan adipura bukan hanya tingkat kebersihan jadi prioritas penilaian, tapi juga pengelolaan sampahnya, bagaimana sistem penguranganya sampah sebelum masuk ke TPA,” ujar Suardi.

Sampah sebelum masuk ke TPA kata dia, harus dipilah untuk mendapatkan sampah bernilai ekonomi. “Harus di pilah sebelum masuk ke TPA. Jadi kita aktifkan bank sampahnya di belakang Pasar Karisa. Sampah yang tidak bernilai ekonomi itu yang dibuang ke TPA, tapi sampah plastik itu yang kita ambil karena bisa bernilai ekonomi,” katanya.

Sejauh ini kata Suardi, pengangkutan sampah dalam kota tidak efektif karena faktor armada sampah tidak efesien.

“Sampah itu akan lama menumpuk karena keterbatasan armada yang hanya lima unit, kita butuh memang maksimal 10 armada yang beroperasi mengangkut sampah. Apalagi yang lima armada itu sudah ada yang tua karena keluar 80-an,”katanya.

Disisi lain, penilaian adipura juga seperti ketersedian taman. “Nah Taman di Jeneponto itu kurang hijau karena faktor kekeringan yang berkepanjangan, itu juga karena faktor anggaran di mana harusnya disiram setiap hari tapi disiram sekali seminggu,” ucapnya.

Penulis: Dedi
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga