Disperindag Klaim Harga Sembako Masih Normal

16
  • 2
    Shares

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Makassar, Andi Muh. Yasir menyebut hingga pekan pertama Desember harga bahan pokok di pasaran masih normal. Komoditas yang dinilai dapat menyumbang inflasi, bakal dijaga ketersediannya.

“Bersama dengan TPID lainnya, ada beberapa upaya yang akan dilakukan menjaga harga dan ketersediaan kebijakan kebutuhan pokok masyarakat. Harga nanti, hanya satu keluaran saja sehingga semua harga sama di pasar-pasar,” jelasnya, Jumat, (7/12/2018).

Disperindag nantinya bakal menyebar ketentuan harga ini pada 10 pasar besar sehingga semuanya seragam. Tidak hanya pasar tradisional, pasar-pasar modern pun akan dipantau harganya agar sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Yasir juga menyebutkan, dalam waktu dekat ini akan dilakukan penandatangan nota kesepahaman dengan beberapa daerah penyangga pemasok bahan pokok di Makassar seperti Gowa, Takalar, Pangkep, dan Maros.

“Hingga saat ini baik harga maupun ketersediaan bahan pokok kebutuhan masyarakat masih normal. Disperindag akan terus memantau harga yang ada di pasar-pasar, setiap Minggu akan dilihat perkembangannya,” jelas dia.

Yasir menambahkan, jika dilihat kenaikan harga mencapai 10-15 persen, akan dilakukan intervensi pasar. Jika ritel modern yang menaikkan harga sangat tinggi, akan dilakukan pemanggilan bagi manajer yang bertanggung jawab.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga