Perusahaan Perakit iPhone Bakal Pindah ke Indonesia

32
iPhone X, Apple
iPhone X. (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Produsen ponsel pintar iPhone, Pegatron berencana memindahkan pabriknya dari Taiwan ke Indonesia. Hal ini merupakan efek dari ketegangan perang dagang yang terjadi antara Cina dan Amerika Serikat

Pabrikan elektronik yang berbasis di Taiwan itu sedang mempersiapkan mengalihkan produksi produk non-iPhone yang terkena tarif impor AS ke sebuah pabrik yang disewa di Batam dalam enam bulan ke depan.

Sumber yang mengetahui tentang rencana itu mengatakan produk yang termasuk set-top kotak dan perangkat pintar lainnya menyumbang hampir US$ 1 miliar (Rp 14 triliun) dalam pendapatan tahunan perusahaan.
“Investasi itu akan dimulai bulan ini, dengan produksi penuh diperkirakan terjadi pada pertengahan 2019, kata narasumber itu, dikutip dari Nikkei Asian Review, Jumat (7/12/2018).

Langkah Pegatron menggarisbawahi tekanan yang terus meningkat pada banyak produsen yang telah melebarkan sayapnya di China dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang mereka mendapati bisnisnya terhimpit oleh ketegangan perdagangan, meningkatnya upah, dan kekurangan tenaga kerja.

Beberapa perusahaan lain yang baru-baru ini juga mengindikasikan rencana untuk mengalihkan produksi non-Apple dari China, di antaranya saingan Pegatron, Wistron, pembuat Apple Watch Quanta Computer and Compal, dan pembuat AirPods Inventec.

Keputusan Pegatron untuk melakukan diversifikasi keluar dari China tidak akan berubah meskipun telah terjadi gencatan senjata baru-baru ini antara para pemimpin China dan AS pada pertemuan G-20 akhir pekan lalu, kata sumber itu.

“Pertemuan Trump-Xi tidak akan mempengaruhi langkah strategi Pegatron,” katanya.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Andi Maryam Ajak Emak-Emak Pilih Caleg Perempuan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Keterwakilan kaum perempuan dalam pesta demokrasi...

VIDEO: Azan Berkumandang di Selandia Baru

SULSELSATU.com - Ribuan warga Selandia Baru berkumpul di Hagley...

Bawaslu Jeneponto Boyong Panwaslu ke Makassar, Ini Tujuannya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jelang pemilu 2019, Badan Pengawas pemilu...

Baca Juga