Ini Respons Disdik Soal Desakan Dewan untuk Dirikan SMP di Kecamatan Makassar

21
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menanggapi permintaan DPRD Makassar yang tetap ingin membangun sekolah SMP di Kecamatan Makassar.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Makassar, Ahmad Hidayat mengakui, selama ini memang Kecamatan Makassar belum memiliki SMP negeri. Namun itu tidak menghalangi anak-anak di sana untuk tetap bersekolah.

“Memang Kecamatan Makassar salah satu kecamatan yang belum memiliki SMP negeri. Tapi itu kemudian tidak membuat anak-anak yang berada di Kecamatan Makassar tidak sekolah,” kata Ahmad, Jumat (7/12/2018).

Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP, anak-anak Kecamatan Makassar memanfaatkan sekolah-sekolah yang berada di kecamatan terdekat.

“Karena Kecamatan Makassar itu kan berbatasan dengan kecamatan Ujung Pandang, ada SMP 6 dan SMP 2. Berbatasan juga dengan Kecamatan Mariso ada SMP 9. Dan berbatasan dengan Kecamatan Bontoala bisa masuk SMP 4 dan SMP 10,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Makassar, Farouk M Betta mengatakan, bahwa sistem zonasi tidak berlaku untuk pendidikan SMP di Kecamatan Makassar.

“Kita sudah komunikasikan dengan Disdik Provinsi melalui Disdik Kota bahwa khusus orang yang berdomisili di Kecataman Makassar, tidak termasuk dalam sistem zonasi. Karena dia memang mau ke mana. Di dalam zonanya tidak ada sekolah,” ujar Aru beberapa waktu lalu.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga