Peringati Hari AIDS se-Dunia, Deng Ical Ajak Masyarakat Bergerak Lakukan Pencegahan

11
Peringatan hari HIV/AIDS se-dunia. (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Penanggulangan HIV-AIDS (KPA) Kota Makassar menggelar semiloka dalam bentuk edutainment bertema Saya Berani, Saya Sehat, di Nipah Mal, Jalan Urip Sumiharjo, Jumat (7/12/2018).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati hari AIDS se dunia tahun 2018.

Semiloka ini merupakan aksi dan semangat bagi Indonesia dengan yang diikuti oleh 500 peserta, dengan melibatkan lebih banyak kelompok remaja usia 15 hingga 24 tahun.

Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal yang hadir dalam kegiatan itu mengingatkan akan pentingnya setiap elemen mengambil dalam mendorong percepatan tercapainya penurunan epidemi HIV sehingga dapat mencapai tiga zero.

Tiga zero yang disebutkan itu meliputi tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat AIDS, dan tidak ada stigma dan diskriminasi untuk mencapai eliminasi HIV pada 2030.

“Setiap orang memiliki peluang terpapar virus HIV AIDS, namun setiap orang juga memiliki peluang untuk mengambil peran sesuai dengan profesi masing masing untuk bergerak bersama melakukan pencegahan dan pengendalian HIV AIDS,” ujar Deng Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal.

Selain itu, Ical pun mengajak seluruh masyarakat agar melakukan deteksi dini terkait keberadaan virus HIV/AIDS dalam tubuhnya, dengan melakukan tes di rumah sakit atau klinik kesehatan.

“Jangan ragu dan takut untuk melakukan tes HIV, ataupun melakukan pengobatan ARV, untuk mencegah status HIV ke AIDS. Dengan mengetahui status kesehatan sejak dini, maka kesehatab dan kualitas hidup tetap terjaga, sehingga kita tetap produktif untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” ucap Ical.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga