Korem 141/TP dan Basarnas Bone Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam di Sinjai

37
  • 1
    Share
Simulasi latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan di Muara Sungai Tui, Lingkungan Pangasa, Kelurahan Samataring, Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai. (Ist)

SULSELSATU.com, SINJAI – Korem 141 Toddopuli bersama Basarnas Kabupaten Bone menggelar latihan penanggulangan bencana alam di muara Sungai Tui, Lingkungan Pangsa, Kelurahan Samatariang, Kecamatan Sinjai Timur, Jumat (7/12/2018).

Sebelum kegiatan simulasi tersebut dilaksanakan, terlebih dahulu digelar apel bersama yang dipimpin langsung atau Kamandan Latihan (Danlat) Danrem 141/Tp, Kolonel Inf Suwarno dengan melibatkan personil, Yonif 726, Kodim 1407 Bone, Kodim 1411/Bulukumba, Kodim 1424/Sinjai dan Balak Korem 141/TP, Personil Polres Sinjai, serta TRC BPBD Sinjai dan Basarnas Bone.

Adapun tindakan evakuasi dalam kegiatan simulasi yang dilakukan seperti, penanganan korban tenggelam akibat banjir, dan penanganan ibu hamil saat banjir, serta penanganan bencana alam lainnya, seperti bancana lonsor dan jenis bencana alam lainnya.

Kolonel Inf Suwarno mengatakan, pelaksanaan latihan atau simulasi ini masih banyak kekurangan, baik dari pihak penyelenggara maupun peserta, perlu disadari bahwa materi yang para peserta telah dapatkan melalui pelaksanaan latihan ini bersifat pembinaan latihan biasa dan bukan latihan yang bersifat menguji rencana operasi sesungguhnya, walaupun situasi yang kita kondisikan adalah situasi yang kemungkinan akan terjadi di wilayah ini.

Suwarno menjelaskan, bahwa aplikasi seluruh materi yang telah didapatkan selama pelaksanaan latihan dalam menghadapi kemungkinan kondisi nyata saat bencana alam terjadi, sehingga sasaran dari latihan ini dapat tercapai secara baik.

“Intensifkan kerja sama antara pemerintah daerah, TNI, POLRI dan seluruh komponen masyarakat sehingga terwujud kerjasama yang harmonis baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pelaksanaan tugas yang mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Kordinator Tim SAR Bone Andi Sultan menambahkan, bahwa tujuan dari kegiatan evakuasi atau latihan simulasi ini untuk mengukur tingkat kesiapan serta menguji kesiapsiagaan dalam upaya penanggulangan bencana khususnya Kabupaten Sinjai, agar penanganannya terutama yang berkaitan dengan penyelamatan korban pengungsian berjalan sesuai dengan protap yang ada.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan latihan evakuasi atau simulasi ini masyarakat serta seluruh komponen yang ada di Sinjai siap menghadapi bencana yang terjadi agar nantinya tidak ada korban jiwa,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Letkol Inf Eddy Mappa (Kabag Latserdikbindiklat Pusterad), Letkol Inf Bobbie Triantho (Kasrem 141/ TP), Andi Kartini Ottong (Wakil Bupati Sinjai), Letkol Inf Oo Sahrojat (Dandim 1424/Sinjai), AKBP Sebpril Sesa (Kapolres Sinjai), Para Dan Kabalagrem 141/TP, Kasi dan Pasirem 141/Tp, Mayor Inf M. Nasruddin (Kasdim 1424/Sinjai), jajaran OPD Pemkab Sinjai, Para Koordinator Latihan dan Peserta Latihan Penanggulangan Bencana Alam.

Penulis: Andi Irfan
Editor: Hendra Wijaya

 

Korem 141/TP dan Basarnas Bone Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam di Sinjai 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga