Ini Formula Dinas Kesehatan Cegah HIV/AIDS di Makassar

8

SULSELSATU.com,MAKASSAR – Dinas Kesehatan terus berkomitmen untuk terus mengurangi jumlah penderita HIV/AIDS di Makassar.

Salah satu formula yang dilakukan adalah rutin melakukan pencegahan dan kengendalian HIV/AIDS melalui layanan Care Support and Treatment (CST/PDP).

Layanan tersebut merupakan suatu layanan terpadu dan berkesinambungan untuk memberikan dukungan baik aspek medis, psikologis maupun sosial untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi ODHA selama perawatan dan pengobatan.

“Saat ini jumlah ODHA yang mengakses pengobatan Anti Retro Viral (ARV) sebanyak 2.584 orang sudah ditangani dengan layanan pengobatan CST/PDP di kota Makassar,” kata Naisyah, Sabtu (8/12/2018).

Naisyah mengungkapkan, dalam 5 tahun terakhir pihaknya mendata jumlah penderita penderita HIV saat ini telah mencapai 3.839 kasus.

Ia berkomitmen akan terus memberikan perhatian dan penanganan yang intesif dengan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi HIV.

“Lebih lebih untuk menormalisasi isu HIV AIDS agar masyarakat mempunyai persepsi yang lebih positif sehingga dapat menurunkan stigma dan diskriminasi kepada pengidap HIV,” ujar Naisyah.

Apalagi saat ini, penangan HIV sama seperti penyakit kronis lainnya yang dapat diobati seperti diabetes melitus ataupun hipertensi.

“HIV sudah ada obatnya yaitu ARV. Pengobatan ARV dini menjaga ODHA tetap sehat dan produktlf serta dapat mencegah penularan baru,” tutup Naisyah.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga