Kodam Hasanuddin Bongkar Jaringan Penipuan WhatsApp Kloningan

21

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kodam XIV/Hasanuddin mengungkap kasus penipuan dengan modus operandi kloning nomor akun pengguna WhatsApp. Petugas mengamankan dua pelaku berinisial AL dan AS yang keduanya berasal dari Kabupaten Palopo.

Penangkapan terhadap kedua pelaku dilancarkan saat Kodam XIV/Hasanuddin mengusut jaringan pelaku sejak 1-5 Desember 2018.

Setelah pengembangan terhadap jaringan kedua pelaku, tim kembali berhasil menangkap satu pelaku lainnya yang merupakan mahasiswa berinisial IG.

Kepala Penerangan Kodam XIV/Hasanuddin Kolonel Alamsyah mengatakan, jaringan pelaku ini cukup terorganisir.

“Jaringan ini memiliki alat atau sistem IT, dan dikendalikan oleh operator yang saat ini masih dalam pengembangan oleh tim Kodam Hasanuddin. Diharapkan dalam waktu dekat ini dapat terungkap” ujar Alamsyah, Sabtu (8/12/2018).

Ia menuturkan, para pelaku kerap menipu dengan cara meminta pulsa hingga uang. Sedang korbannya termasuk kepada para pejabat anggota TNI.

Tidak hanya itu, tambahnya, para pelaku juga kerap kali menggunakan foto pejabat TNI sebagai profile di akun WhatsApp yang telah dicloning. Upaya itu disebut untuk melancarkan aksinya.

Hingga kini Kodam Hasanuddin masih melakukan pengembangan guna mengungkap jaringan pelaku lainnya.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga