Penderita HIV/AIDS di Makassar Capai 3.839 Orang

14
ilustrasi (int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan Kota Makassar mendata jumlah penderita HIV/Aids di Kota Makasssar telah mencapai 3.839 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin mengatakan, angka tersebut merupakan akumulasi 5 tahun terkhir yakni antara tahun 2014 hingga 2018.

Menurut Naisyah, sapaan akrab Naisyah Tun azikin, penderita HIV saat ini telah mendapat perhatian dan penanganan yang intesif dari pemerintah dengan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi HIV.

“Lebih lebih untuk menormalisasi isu HIV AIDS agar masyarakat mempunyai persepsi yang lebih positif sehingga dapat menurunkan stigma dan diskriminasi kepada pengidap HIV,” kata Naisyah, Sabtu (8/12/2018).

Naisyah menyebut, penderita tidak perlu lagi khawatir atas diskriminasi dari lingkungan sekitar akibat penyakitnya. Dikatakan Naisyah, saat ini penangan HIV sama seperti penyakit kronis lainnya yang dapat diobati seperti diabetes melitus atau hipertensi.

“HIV sudah ada obatnya yaitu ARV. Pengobatan ARV dini menjaga ODHA tetap sehat dan produktlf serta dapat mencegah penularan baru,” ucap Naisyah.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga