Seluruh Camat di Makassar Jadi PPATS

38

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Seluruh camat di Kota Makassar resmi dilantik sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) oleh kepala kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Makassar Andi Bakti Djufri di aula kantor pertanahan jalan Andi Pangerang Pettarani Makassar, Senin (10/12/2018).

Kepala Kantor Badan Pada Nasional (BPN) Kota Makassar, Andi Bakti mengatakan, jabatan PPATS yang diemban hari ini memiliki peran penting dalam membantu masyarakat memperoleh hak atas tanah mereka.

“Persoalan hak atas tanah merupakan persoalan penting yang ada di masyarakat. Tidak jarang jika persoalan ini gagal kita atasi, maka akan melahirkan berbagai masalah di masyarakat yang timbul akibat perselisihan mengenai hak atas tanah,” kata Bakti.

Untuk itu, ia menaruh harapan besar kepada PPATS agar bisa membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah kepemilikan hak atas tanah.

Alhasil, dibuatlah aturan PPATS PP nomor 37/1998 yang selanjutnya diubah dalam PP nomor 24/2016 tentang peraturan PPAT.

Dalam aturan baru tersebut, camat dapat ditunjuk menjadi PPAT oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang atau kepala Badan Pertanahan Nasional, apabila dalam suatu wilayah belum terdapat PPAT.

“Saya berharap kepada PPATS yang dilantik hari ini mampu mengemban amanah tersebut, tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah, tetapi insya Allah saya yakin kita semua bisa menjaga amanah ini dengan baik,” ucap Bakti.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga