Terungkap, Ini Rahasia Kehebatan Tendangan Bebas Messi

44
Messi
Lionel Messi. (Int)

SULSELSATU.com – Semua pencinta sepak bola di dunia pasti mengetahui kehebatan tendangan bebas Lionel Messi. Hampir seluruh kiper dibuat pusing saat harus menghadapi eksekusi bola mati pemain Argentina itu, terutama dari jarak dekat.

Messi punya catatan mengerikan dalam urusan eksekusi sepakan bebas. Sejak musim 2008/09, La Pulga sudah dipercaya menjadi eksekutor sepakan bebas.

Jumlah golnya dari sepakan bebas pun terbilang bagus, dari musim ke musim. Total, 32 gol dari sepakan bebas langsung dicetaknya dalam 407 percobaan.

Dan, dalam dua musim terakhir, catatan gol Messi dalam tendangan bebas makin mengerikan. Itu terpengaruh atas beberapa faktor, mulai dari penggunaan spray wasit, hingga yang paling penting adalah perubahan teknik sepakan bebas.

Nah, seperti apa teknik yang dipakai Messi sekarang? Ini rahasianya seperti dilansir Marca.

Ada perubahan cara latihan menendang yang dipakai Messi. Paling kentara adalah tumpuan kaki yang dulu mencapai sudut kemiringan 50 derajat. Lewat sudut inilah, hantaman kaki Messi ke bola lebih tak stabil dan kurang kontrol.

Kini, Messi menanamkan seluruh kakinya terlebih dulu ke tanah, sebelum menghantam bola. Bobot tubuh dan keseimbangan La Pulga lebih stabil dengan posisi ini.

Demi menajamkan akurasi sepakan, Messi juga mengubah sudut kemiringan tubuhnya. Dia melengkungkan tubuhnya, terutama bahu dan dada, saat menendang bola.

Juga, goyangan pinggulnya lebih eksplosif dan membuat tenaga sepakannya meningkat drastis.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga